Peran Algoritma di Media Sosial

February 19, 2016 |
Technology 0 Comment

Algoritma sepertinya semakin memegang peranan penting dalam menentukan konten mana yang sebaiknya dikonsumsi pengguna. Setelah Facebook memainkan algoritmanya untuk bagian News Feed mereka, saat ini isu tersebut juga muncul di Twitter (meskipun banyak pro dan kontra) dimana rencananya linimasa Twitter pun akan menggunakan algoritma tertentu untuk memunculkan konten yang kemungkinan besar akan disukai oleh pengguna.

Algoritma memungkinkan pengguna mendapatkan pengalaman lebih baik ketika mengakses media sosial karena kontennya yang dianggap lebih relevan dengan keinginan pengguna. Semakin banyaknya teman atau orang yang diikuti di media sosial maka semakin banyak konten yang bisa bertebaran di halaman pengguna sehingga disitu algoritma semakin dibutuhkan agar bisa memfilter konten yang dianggap menarik oleh pengguna.

Jika Facebook dan kemungkinan Twitter percaya dengan algoritma, lalu bagaimana dengan Instagram?

Sebagai platform media sosial yang sedang naik daun dimana saat ini penggunanya sudah mencapai 400 juta pengguna, Instagram pun sangat mungkin untuk mengadopsi algoritma tertentu di feed nya. Salah satu metriks yang bisa dilihat adalah dari segi konten yang bisa terlihat oleh pengguna. Konten organik yang sebelumnya bisa dilihat oleh 75% pengguna, saat ini sudah turun mencapai 50%. Secara sederhana bisa dijelaskan bahwa semakin banyak pengguna mengikuti feed pengguna lainnya maka akan semakin banyak konten yang muncul sehingga membuat tidak semua konten bisa terlihat oleh pengguna. Jika Instagram tidak mau pengguna beralih darinya karena buruknya pengalaman yang didapat, maka tidak heran jika kedepannya Instagram juga mungkin akan menggunakan algoritma dalam menentukan kontennya.

0 Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *