Facebook News Feed Kini Menawarkan Tampilan Momen Sesuai Minat Pengguna

February 4, 2016 |
Technology 0 Comment

Ada yang baru di Facebook News Feed! Sebagai jaringan sosial yang digunakan oleh lebih dari 1,6 juta orang, tentunya Facebook selalu mengandalkan feedback dari para penggunanya. Meski tidak dapat langsung terasa perbedaannya dibandingkan dengan fitur baru, namun perubahan pada News Feed ini akan membuat pengguna Facebook gembira.

Beberapa waktu yang lalu, Facebook melakukan survey kepada 1000 orang untuk menilai tentang momen yang timbul di News Feed mereka. Survey lain juga dilakukan pada kelompok yang lebih besar, yaitu mereka diminta untuk memberikan rating terhadap momen yang mereka jumpai di kanal News Feed.

Melalui informasi tersebut, maka Facebook membuat algoritma baru dalam mengatur sajian momen atau cerita yang lebih sesuai dengan minat masing-masing penggunanya. Tentunya, setiap pengguna Facebook memiliki prioritas yang berbeda-beda yang ingin mereka lihat di halaman News Feed.

Bila sebelumnya Facebook mengukur sebuah momen untuk menjadi highlight di News Feed berdasarkan banyaknya komentar dan Likes, kini tidak lagi demikian. Facebook mempertimbangkan hal tersebut dengan menyaring kembali momen yang lebih berarti bagi penggunanya, yaitu dengan memungkinkan para pengguna untuk mengambil kendali preferensi terhadap apa yang ingin mereka lihat.

Ingin coba mengendalikan News Feed? Arahkan cursor ke News Feed di deretan pojok kiri dari halaman Facebook Home Anda, sampai timbul icon setting. lalu klik edit preference. Tampilan berikutnya akan terlihat seperti ini:

  Preference News Feed

Anda bisa menentukan sendiri, siapa dari teman Anda yang ingin dijadikan prioritas untuk tampil di halaman News Feed. Bila pengguna hanya ingin berteman tanpa mengetahui apa saja yang dilakukan oleh temannya, selalu ada pilihan untuk unfollow. 

Hal ini tentu dapat mengusir kekhawatiran Anda, khususnya bila selama ini Anda cemas akan menjumpai postingan yang mengagetkan, seperti berita hoax beserta gambar yang mengganggu, atau Anda sekadar ingin menghindari teman di Facebook yang ‘rajin’ berjualan. Dengan memiliki wewenang untuk mengatur apa yang ingin ditampilkan pada News Feed, tentunya pengguna akan lebih nyaman saat menjelajah Facebook.

0 Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *