Bahasa Pemrograman yang Digunakan Perusahaan Dunia

March 3, 2015 |
Technology 0 Comment

Jika Anda orang yang aktif menggunakan komputer dalam kegiatan sehari-hari, terlebih memang menekuni bidang komputer, maka pasti tak asing dengan istilah bahasa C, Phyton, Java, C++ atau PHP.

Istilah-istilah di atas merupakan bahasa pemrograman (programming languages), yang merupakan bahasa khusus dengan serangkaian instruksi atau perintah-perintah yang ditulis seorang programmer dalam developing software, aplikasi, scripts, dan instruksi lainnya.

Penguasaan bahasa pemrograman penting bagi seorang programmer karena dengan bahasa pemrograman, komputer dapat mengerti dan menjalankan ‘perintah’ yang telah diberikan.

Walaupun banyak bahasa pemrograman saat ini, biasanya seorang programmer hanya menggunakan satu hingga dua bahasa pemrograman saja dalam melakukan developing software.

Beberapa bahasa pemrograman yang banyak digunakan perusahaan-perusahaan besar di dunia, diantaranya:

Bahasa C

Bahasa pemrograman yang dikembangkan sekitar tahun 1972 oleh Dennis Ritchie ini digunakan untuk sistem operasi Unix dan menjadi awal berkembangnya bahasa-bahasa pemrograman lain, seperti C#, Java, C++, dan Phyton.

Di Indonesia pun bahasa C menjadi bahasa pertama yang dipelajari di perguruan tinggi jurusan TI atau kursus pemrograman sebelum mempelajari bahasa lainnya, karena mudah dipelajari dan memiliki bahasa yang terstruktur.

C++

Meski merupakan pengembangan dari bahasa C, C++ lebih berorientasi pada objek. Penggunaan bahasa C++ yang dapat dijalankan dalam berbagai platform sistem operasi Windows, Unix, dan Linux ini diantaranya untuk membuat aplikasi desktop dan game pada komputer, karena penggunaan C++ dapat meningkatkan kompleksitas pada game 3D.

Python

Sebagai bahasa pemrograman yang banyak digunakan, pemanfaatan Python digunakan untuk membangun aplikasi yang berbasis web maupun mobile. Beberapa perusahaan yang menggunakan Python diantaranya Instagram, Pinterest dan Rdio. Bahasa yang diciptakan oleh Guido van Rossum pada tahun 1991 ini juga digunakan oleh para pengembang Google, Yahoo!, bahkan NASA.

Java

Bahasa yang dapat dijalankan pada berbagai platform, PC atau smartphone ini dapat digunakan pada Windows, Mac, atau Linux tanpa memasukkan kode tambahan. Hal inilah yang membuat Java menjadi bahasa pemrograman yang populer.

Kelebihan lainnya, bahasa pemrograman ini sederhana, bersifat familiar, memiliki high performance, dan mengusung konsep OOP atau Object Oriented Programming yang sangat baik dipakai untuk membuat aplikasi.

PHP

Sejak dibuat oleh Rasmus Lerdorf pada tahun 1995, PHP banyak digunakan dalam membuat berbagai aplikasi web, karena merupakan server side scripting yang dirancang untuk memenuhi kebutuhan dalam membangun website yang dinamis.

Keuntungan menggunakan PHP diantaranya kemudahan akses karena termasuk Open source, integrasi yang mudah karena dapat dijalankan pada Windows, Linux, Unix, dan IBM, juga sifatnya yang fleksibel, yaitu dapat memasukkan perubahan bahkan setelah mulai tahap development.

0 Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *