Abadikan Momen Traveling yang Kekinian dengan Kamera 360 Derajat

August 16, 2017 |
Technology 1 Comment

Mendokumentasikan berbagai momen saat traveling adalah wajib hukumya, baik dalam bentuk foto maupun video. Tren konten foto dan video selalu berubah dari tahun ke tahun, memancing platform media sosial utama seperti Facebook dan Youtube untuk berinovasi dengan menawarkan jenis konten video 360 derajat. Hal ini sepertinya bisa menjadi pertimbangan buat mencoba kamera 360 derajat, nih.

Ingin menikmati suasana matahari terbit atau terbenam dari berbagai sisi dalam waktu bersamaan? Bisa! Mau ngasih lihat seluruh pemandangan Jakarta dari Monas? Bisa juga! Atau ingin memberikan penonton pengalaman a la VR? Bisa banget! Contohnya seperti konten yang disajikan Theme Park Review satu ini. Serasa naik roller coaster beneran, ya! Karena fungsinya adalah sebagai action camera, kebanyakan kamera 360 derajat ini juga memiliki fungsi anti air yang membuatnya cocok banget buat traveling, apalagi bagi para petualang. Rekam kegiatan dari mulai sky diving sampai scuba diving, semua bisa.

Sekarang, gimana cara kerjanya? Jika kamera biasa hanya memiliki satu sensor sisi, kamera 360 derajat memiliki minimal dua lensa yang dapat berotasi, bahkan ada yang memiliki lensa dan sensor yang bundar, or literaly, 360 degrees. Teknologi ini memungkinkan Kamu untuk mengambil gambar dari hampir segala sisi dalam waktu bersamaan. Kenapa hampir? Karena biasanya kamera 360 derajat tidak bisa mengambil gambar 270 derajat alias yang berada vertikal di bawah si kamera.

Oh ya! Satu lagi yang harus Kamu ingat, tidak semua kamera 360 derajat kualitasnya betul-betul high definition. Kebanyakan kualitas gambarnya akan menurun saat diunggah ke media sosial ketimbang saat dipindahkan ke komputer. Karena itu, pastikan untuk mengambil dengan pengaturan terbaik dan juga menunggahnya dengan resolusi tertinggi. Sejauh ini, resolusi terbaik adalah 4K (3,840 x 2,160), salah satunya dari The Kodak Pixpro SP360 4K Dual Pack Pro. Ingat, pergerakan dari kamera juga bisa menurunkan fokus dan kualitas gambar yang dihasilkan, ya.

Soal harga, harga yang dipatok untuk kamera 360 derajat ini beragam, mulai dari Rp 1.500.000 hingga puluhan juta rupiah. Sebagai contoh produk mainstream, Samsung Gear 360 Action Camera dibanderol sekitar Rp 3.500.000, dan Ricoh Theta S di kisaran Rp 5.500.000.

Well, kamera 360 derajat ini memang bukan barang ‘wajib’ untuk setiap orang, secara tidak semua orang memiliki kepentingan untuk mengunggah video 360 derajat ke akun sosial medianya. Lain ceritanya kalau hanya untuk dinikmati sendiri, ya. Yang pasti unggahan video 360 derajat ini bisa banget bikin temanmu iri dan bakal jadi ladang likes yang bagus, sih. Menurutmu dengan harga segitu, affordable nggak? Worth atau enggaknya, silakan Kamu nilai sendiri. 🙂

1 Comment

One thought on “Abadikan Momen Traveling yang Kekinian dengan Kamera 360 Derajat

  1. Pingback: Froyo

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *