Internet of Things, Industri Berpotensi Miliaran Dollar Untuk Hidup Lebih Mudah!

July 24, 2017 |
Business 1 Comment

Internet of Things (IoT) diperkirakan akan menjadi industri senilai 15 miliar USD pada tahun 2020 dengan pangsa 5-6% dari industri IoT global. Dengan potensi yang begitu besar, 26 Juli 2017 akan diadakan IoT Summit di Bangalore, India.

IoT Summit akan berfokus pada lanskap yang berubah dengan cepat yang didorong oleh munculnya Internet of Things, yang diperluas ke model yang bisa diterima secara luas seperti komputasi kognitif, cloud computing, platform, big data, analytics, dan banyak lagi.

Bagi anda yang berminat mendalami IoT, banyak sekali platform tersedia untuk menambah pengetahuan atau bertukar ide. Potensi yang besar juga menjadi pilihan banyak orang mendalami IoT untuk bisnisnya.

Bayangkan, Internet of things memiliki potensi untuk memudahkan hidup manusia secara radikal, bisa dibilang IoT adalah revolusi teknologi yang memengaruhi gaya hidup. Gaya hidup dan keseharian kita sebagai manusia akan dipermudah dengan adanya smart device yang terintegrasi. Hal-hal yang sudah ada juga akan berevolusi menjadi versi lebih ringkas dan praktis, karena cakupan perbaikan di lingkup IoT sangatlah luas.

Orang-orang akan mulai merasakan kemudahan dalam mengakses AC rumahnya dari kantor, mengatur suhu kulkas dari mana saja, dan lain-lain. Hanya saja tidak semuanya paham dan sadar betapa pentingnya semua perangkat itu terhubung ke internet.

Mengapa IoT penting?

Saat sesuatu terhubung ke internet, itu berarti mereka mampu mengirim, menerima informasi, atau keduanya. Kemampuan untuk mengirim dan atau menerima informasi membuat sesuatu itu ‘pintar’, dan ‘pintar’ berarti bagus karena efisien.

Sekarang anda bisa mengakses lagu dan video yang berasal dari mana saja, tapi bukan berarti semua lagu dan video yang ada di dunia ini tersimpan dalam device anda. Itu berarti tiap lagu dan video yang bisa diakses, tersimpan di suatu tempat namun device anda bisa mengirim informasi (meminta informasi lagu tersebut) dan menerima informasi (streaming lagu tersebut di device).

Untuk menjadi ‘pintar’, device bahkan tidak harus memiliki storage yang besar atau berkekuatan super. Yang penting dalam menjadi device pintar adalah terkoneksi pada storage dan kemampuan komputasi super.

Terkoneksi adalah hal yang sangat mengagumkan!

Pada Internet of Things, semua hal yang terkoneksi dapat dikategorikan dalam 3 bagian:

  1. Benda yang mengoleksi informasi dan mengirimkannya.
  2. Benda yang menerima informasi dan kemudian bertindak atasnya.
  3. Benda yang melakukan keduanya.

Ketiganya memiliki banyak manfaat yang saling melengkapi. Karena kekuatan sesungguhnya dari Internet of Things adalah kemampuan untuk mengirim dan menerima informasi. 

machine

Mari implementasikan ide anda dengan ‘benda’ pintar.

Dengan perkembangan teknologi yang terus membuat manusia merasakan kemudahan melakukan berbagai hal, tentunya peluang juga terbuka luas untuk para inovator, pebisnis, maupun pehobi di berbagai bidang.

1 Comment

One thought on “Internet of Things, Industri Berpotensi Miliaran Dollar Untuk Hidup Lebih Mudah!

  1. Pingback: Froyo

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *