Tagging, Salah Satu Cara Ampuh Social Media Marketing

December 16, 2017 |
Story 0 Comment

Social media marketing punya potensi yang luar biasa bagi berbagai kalangan pebisnis. Dari UMKM sampai perusahaan besar mampu memaksimalkan kegiatan marketing-nya melalui media sosial untuk mendapatkan konsumen potensial yang menjadi target market-nya. Berbagai fitur yang ada di media sosial bisa dimanfaatkan untuk menghasilkan reach dan engagement, dan ‘tag’ adalah salah satu fitur yang mampu meningkatkan eksposur kontenmu.

Contohnya, untuk men-tag kontenmu di Facebook, gunakan simbol ‘@’ diikuti dengan nama page, nama akun, tempat, atau opsi lainnya. Setelah itu kontenmu punya ‘clickable tag’ yang punya potensi ditemukan lebih tinggi dari konten biasa tanpa tag. Nggak cuma di Facebook aja, fitur tag bisa Kamu pake juga di Twitter, Google+, LinkedIn, Instagram, Pinterest, Tumblr, Reddit, dan banyak lagi platform media sosial lainnya.

Tagging di media sosial adalah cara untuk menghubungkan konten atau profilmu dengan orang lain, company, topik, tempat, atau event. Dan bahkan udah terbukti juga kalo tagging bisa membantumu untuk mendapatkan jangkauan audiens lebih luas, diluar target audiensmu sendiri.

Kalo Kamu adalah content creator, penggunaan tag yang tepat, apalagi menyasar brand dan company besar bisa aja mendatangkan keuntungan. Biasanya brand akan lebih engage dengan konten yang terlihat bagus dan punya value lebih, dan men-share-nya ulang di fanpage brand tersebut. Ibaratnya retweet di Twitter, atau regram di Instagram. Pasti menyenangkan deh kalo kontenmu di-share ulang oleh brand yang jadi inspirasimu.

Fitur tagging juga bisa membuat rank SEO-mu meningkat dan mudah ditemukan kalo Kamu memanfaatkannya dengan benar, misalnya dengan tagging page yang punya fanbase atau followers cukup tinggi. Selain itu lakukan juga riset tentang keyword dan relevansi fanpage yang Kamu tag dengan konten yang Kamu buat, jangan sampai asal tag cuma karena ingin rank SEO-mu meningkat. Yang ada nantinya malah akun media sosialmu di-block brand karena asal tag.

Oh ya, jangan lupa juga untuk selalu update tentang tren apa yang sedang banyak dibahas! Misalkan ada influencer yang lagi sering banget dibahas di media sosial, coba buat konten dan tag influencer tersebut. Otomatis para follower influencer itu bisa melihat kontenmu, dan engagement yang Kamu dapat akan lebih banyak daripada konten biasa.

Dari sini, semoga Kamu bisa memanfaaatkan tag dengan lebih relevan dan bijak ya. Ingat, jangan asal tag, dan terus ikuti tren untuk menciptakan engagement yang tinggi.

0 Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *