Dorong Content Creator Bikin Video Lebih Bermakna, Facebook Rilis Aplikasi Ini

November 20, 2017 |
Story 0 Comment

Facebook nggak berhenti untuk bikin inovasi di tahun 2017 ini. Setelah sebelumnya merilis fitur yang mempermudah influencer marketing, sekarang mereka merilis Facebook Creator. Dengan Facebook Creator, para kreator bisa live dengan fitur eksklusif dan langsung terkoneksi dengan komunitasnya di Facebook sebagai media sosial terbesar.

Creator app dirilis pertama kali secara global di platform iOS sebelum nantinya dirilis di device Android bulan depan. Ini dimaksudkan untuk adaptasi para pengguna iOS dan test market. Toh Facebook udah sering menggunakan strategi ini untuk merilis fitur atau app baru, dan terbukti sukses.

Sebenernya sih, Creator app ini adalah rebrand dari Facebook Mentions app yang udah pernah dirilis tahun 2014 lalu. Kekurangan dari Facebook Mentions app adalah aksesnya yang terbatas hanya untuk profile yang sudah verified dan fanpage aja. Dan Juni kemarin, Facebook ngasih berita terbaru di VidCon kalau menjelang akhir tahun bakal ada Creator app yang bakal mendukung semua kreator video dalam pembuatan live video dan terhubung dengan komunitas. Jadi, profile Kamu nggak harus verified dulu atau bahkan punya fanpage untuk bisa ngerasain Creator app.

Nah, ada apa aja sih di dalem Creator app? Yuk kita intip app terbaru Facebook ini!

Live Creative Kit

Fitur utama ini adalah kumpulan tools yang bisa bikin live-mu makin fun. Kamu bisa menambahkan intro, outro, bahkan custom emoji reactions. Caranya, akses halaman profile Facebook-mu, kemudian upload intro dalam bentuk theme song atau image selamat datang, jangan lupa juga outro untuk live-mu. Ada juga graph frames yang bisa Kamu manfaatin untuk berkreasi dengan memasang bingkai di videomu. Yang jelas, fitur Live Creative Kit ini bisa dibilang melampaui Periscope yang dimiliki Twitter, dan lebih layak dibanding YouTube Live.

 

Inbox Terintegrasi

Buat Kamu yang ngerasa ribet mengakses messenger di Facebook ataupun DM dan comment di Instagram, Facebook sekarang mempermudah itu semua dengan menyatukan komentar dan messages dalam satu inbox di Creator app. Bayangin aja, dengan fitur ini Kamu nggak usah bolak-balik pindah app untuk membalas chat.

Inbox yang terintegrasi ini juga bisa Kamu modifikasi dengan filter spam dan komentar yang nggak Kamu inginkan. Jadi, para influencer bisa memanfaatkan fitur ini untuk menghindari spam dan komentar negatif yang menjelekkan brand.

Analytics
Analytics emang bisa dibilang fitur standar yang harus ada untuk app yang rilis sekarang. Dengan analytics, Kamu bisa melihat dengan detil siapa aja yang ngeliat videomu, demografis penonton, dan jadi referensi untuk ide konten selanjutnya.

Creator app masih menjanjikan banyak fitur lainnya untuk memuaskan para kreator video. Tapi, ada yang kurang dari Creator app sekarang, yaitu monetisasi video. Monetisasi adalah fitur untuk mengijinkan pihak pengiklan untuk beriklan di konten yang ada dan membayar kreator langsung. Fitur ini terhitung penting untuk influencers yang benar-benar fokus dengan pembuatan kontennya tanpa ada campur tangan dari brands atau investor.

Untuk para content creator di agensi atau pun para influencer, aplikasi yang satu ini wajib banget dimanfaatin. Dengan berbagai fitur yang menyertainya, Creator app berpeluang meningkatkan engagement lebih baik dengan audiens dari sekedar konten regular berupa image atau video yang biasa di post di Facebook.

0 Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *