Bingung Tentukan Promo yang Tepat? Coba Beberapa Promo Berikut!

December 19, 2017 |
Story 0 Comment

Mengiklan di media sosial untuk mendapatkan awareness dari pelanggan itu nggak gampang, butuh effort yang lebih, apalagi kalo strategi marketing-mu dikhususkan untuk menjual produk atau jasa, otomatis Kamu harus mendapatkannya dengan strategi yang tepat. Nah, dari beberapa platform media sosial untuk mengiklan yang ada, Kamu bisa mendapatkan inpirasi untuk mempromosikan produk kepada target market potensialmu secara efektif dan efisien.

Cara-cara promosi berikut ini mungkin bisa jadi sumber inspirasimu saat beriklan di media sosial, simak yuk!

1. Tawarkan Promosi Khusus
Promosi khusus misalnya dengan potongan harga atau kupon adalah salah satu sales promotion yang cukup mudah diimplementasikan di media sosial. Apalagi kalo Kamu mengumumkan bahwa brand-mu akan menawarkan promosi khusus secara berkala dengan penawaran berbeda-beda, pasti hal itu bikin pelanggan potensialmu jadi follow fanpage-mu. Jangan lupa sertakan syarat agar  followers-mu harus men-share penawaran itu ke halaman profile media sosialnya untuk mendapatkan penawaran khusus tersebut. Dengan strategi itu, Kamu bisa menjangkau pelanggan potensialmu lebih luas lagi.

2. Bangun Obrolan Lewat Produkmu
Konten yang ada di media sosial brand-mu nggak harus selalu berkesan hardselling. Kamu bisa memanfaatkan media sosial untuk sales promotion-mu dengan menginformasikan product knowledge, QnA, atau tips and trick sharing ke pelangganmu yang nantinya bisa meningkatkan traffic ke website atau bahkan sales secara langsung.

Kamu harus bener-bener memilih premis dan informasi apa aja yang penting untuk dipublikasikan dan yang pelangganmu butuhkan. Bisa aja soal troubleshoot yang sering dialami oleh pelanggan dan cara mengatasinya, atau cara menggunakan produkmu dengan lebih efektif dan efisien. Rutin membangun obrolan dengan pelanggan tentang produkmu bisa bikin mereka makin tertarik dan berminat untuk menggunakan produk yang Kamu jual. Hal di atas bisa jadi langkah strategis untuk bikin pelangganmu makin penasaran dan meningkatkan kepercayaan pada brand-mu.

3. Buat Kontes
Media sosial bisa membantumu dalam membuat kontes atau activity yang berhubungan dengan brand. Dengan kontes, Kamu juga bisa menjaring pelanggan baru dengan memanfaatkan jangkauan followers pelangganmu di media sosial.

Unsur yang perlu diperhatikan dalam membuat kontes cukup beragam. Dari syarat dan ketentuan, sampai hadiah yang ditawarkan. Jangan lupa atur syarat dan ketentuan yang menguntungkan brand-mu, misalnya untuk mengikuti kontes, mereka harus men-share-nya atau mengundang followers mereka. Makin tinggi nilai hadiahnya, makin banyak orang tertarik untuk ikutan kontesmu. Atau, kalo Kamu ingin mendapatkan awareness tinggi dari kontes, ikutilah tren yang sedang sering dibicarakan seperti membuat kontes tanya jawab tentang film blockbuster akhir tahun.

4. Free Shipping/ Free Gift
Selain menjual produkmu dengan beberapa jenis sales promotion di atas, tawarkan juga free shipping (gratis biaya kirim) atau free gift (gratis item tambahan) untuk pelanggan setia atau pelanggan potensial yang beruntung, sebagai bagian dari sales promotion-mu di media sosial.

Strategi menawarkan free shipping atau free gift ini bisa Kamu sesuaikan dengan kebutuhanmu. Bisa aja Kamu pasang minimal pembelian untuk mendapatkan free shipping atau free gift, atau dengan men-share fanpage-mu ke halaman profile mereka.

Gimana? Semoga beberapa jenis sales promotion di atas bisa jadi cara untukmu berpromosi di media sosial. Pokoknya, tawarkan promosi yang terbaik dan bangun kepercayaan pelangganmu.

 

0 Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *