Berkat Media Sosial, Dunia Fashion Berubah!

January 19, 2018 |
Story 0 Comment

Dulu, penikmat fashion mengarsip semua inspirasi dan gaya favorit mereka lewat kliping majalah. Setelah kehadiran media sosial, Blog, Tumblr, dan terutama Pinterest jadi pilihan buat mendapat inspirasi soal gaya. 2018, Pinterest kelihatan mulai ditinggalkan karena para pengguna lebih memilih buat browsing gaya terbaru lewat Instagram yang lebih fleksibel, lebih luas jangkauannya, dan lebih banyak penggunanya.

So it is clear, media sosial mengubah dunia fashion. Tapi berubah yang kayak apa?

1. Media sosial mengurangi eksklusivitas 

Dulu, kalo ada Fashion Week gede, koleksinya sangat ekslusif dan masyarakat awam baru bisa lihat produknya mungkin 6 bulan kemudian. Sekarang? Semua attendee pasti taking pictures and post them on their social media. Jadi udah semakin menipis nih, eksklusivitas dalam dunia fashion. Kamu sekarang bisa liat hampir semua koleksi yang dipamerkan tanpa harus jadi undangan Fashion Week.

2. Fashion influencer ada di mana-mana

Dengan menjamurnya informasi soal fashion di media sosial, para fashion enthusiast punya banyak tempat belajar. Nggak heran, orang-orang penuh gaya jadi banyak bermunculan dan nggak sedikit yang jadi terkenal. Bahkan mungkin sahabat sekolah dasarmu adalah salah satu orang yang sering post OOTD-nya dan punya banyak followers. Media sosial emang bikin penyebaran informasi jadi sangat cepat, ya.

Karenanya, makin banyak aja nih, orang-orang yang bisa diajak brand untuk kerja sama. Seperti yang kita tau, tren influencer alias KOL sebagai senjata pemasaran emang jadi favorit brand dan audiens di Indonesia.

3. Real time purchase

Buat pelaku industri fashion yang mengedepankan penjualan, media sosial adalah sahabat, nih. Real time buyer pasti melihat inspirasi dan informasi penjualan di media sosial. Konsumer bisa langsung memilih produk mana yang mereka suka, dan tinggal klik tombol untuk pesan. Bahkan, beberapa brand punya aplikasi yang bikin konsumer bisa langsung mencoba produk secara virtual.

Jadi dari mulai first impression sampe penjualan, industri fashion udah berubah banget ya! Tentunya nggak menutup kemungkinan kalo industri lain juga berubah banyak kayak begini. Banyak dari perubahan itu pastinya membawa kemudahan dan mungkin leverage lebih, tapi semua nggak akan berarti kalo kita nggak siap dan mengikuti teknologi yang ada. Keep on learning!

0 Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *