Penting Nggak Sih, Baca App Review Sebelum Install?

August 29, 2017 |
Opinion 0 Comment

Coba lihat tampilan menu smartphone-mu, ada berapa apps sih yang ter-install? Kayaknya nggak mungkin deh kalau cuma belasan, pasti puluhan! Dari sekian banyak apps, seberapa jauh Kamu tahu tentang tanggapan dari para penggunanya?

Banyak yang berpendapat kalau apps yang bagus ditandai dengan rating tinggi atau banyaknya installed device. App review atau tanggapan dari pengguna juga bisa dijadikan indikator kita untuk mengetahui bagus atau tidaknya suatu apps.

Kolom app review biasanya diisi dengan berbagai komentar, ada yang bernada positif menilai apps secara objektif tapi seringkali ditemukan juga dengan nada negatif yang cenderung memandang rendah apps atau developer yang membuatnya. Di sisi lain, banyak juga user yang memberikan review sangat bagus, memuji developer, biasanya juga melebih-lebihkan dengan kalimat klise macam “Apps paling bagus!”, “Sempurna untuk membantu kehidupan sehari-hari!”. Jenis app review tersebut dapat dijumpai hampir di semua apps yang populer. Kenapa sih pengguna lebih cenderung memberikan review ekstrem? Sedikit penjelasan kenapa pengguna memberikan respons ekstrem bisa dijumpai di sini. Tentunya pengguna ingin didengar, dan memberikan respons secara ekstrem menurut mereka mampu memposisikan diri sebagai pengguna yang patut didengar.

Sebelum memutuskan untuk membaca banyak app review dan meng-install apps, perlu dipahami juga mengenai perbedaan geografis yang bisa mempengaruhi pendapat. Satu apps yang bermanfaat di Jepang, belum tentu sama manfaatnya di Rusia. Ada dua aspek yang mempengaruhi perbedaan pendapat tersebut, yaitu kualitas translasi dan bias kebudayaan. Pengguna akan merasa tidak nyaman bila kualitas translasi dari bahasa lain terkesan tidak natural, dan bias kultur terbukti mempengaruhi pendapat seseorang dalam mengisi survei kepuasan produk.

Selain bisa merasakan pengalaman pengguna lain, app review juga mampu memotivasi orang agar ikut meng-install apps tersebut. Membaca app review dari orang lain memang butuh waktu, tapi ada baiknya memahami dulu pendapat dan pertimbangan dari pengguna yang sudah berpengalaman menggunakan apps tersebut. Bagaimana dengan Kamu sendiri? Apa pertimbanganmu sebelum meng-install apps?

0 Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *