7 Cara Biar Kelihatan Keren Saat Meeting

August 30, 2017 |
Opinion 0 Comment

Meeting buat anak agency bisa dibilang udah jadi makanan sehari-hari. Meeting yang sukses itu berarti pesan yang disampaikan diterima dengan baik oleh klien dan hal ini akan berdampak pada komunikasi yang lebih baik dalam menyelesaikan pekerjaan. Nah, tampil keren saat meeting pastinya jadi prioritas, bukan dari outfit aja lho, tapi tampil keren juga bisa dilihat dari pembawaan kita saat meeting. How you present yourself, is how people first view you.

Biasanya meeting cenderung membosankan, bertele-tele, bahkan kadang membahas hal yang nggak bermutu. Hal yang paling membuat sebal adalah kalau ada salah satu orang yang mendominasi jalannya meeting dengan sangat subjektif tanpa menghargai pendapat orang lain. Ugh! Sebal kan?

Gak mau hal tersebut di atas kejadian dalam meeting kan? Nih, 7 trik yang bakal ngerubah tampilanmu saat meeting jadi keren supaya kolega dan atasanmu kagum dan mendapat kesan bahwa Kamu sangat profesional!

1. Gambar Sesuatu di Papan Tulis
Bangun dari kursi, maju, dan gambar sesuatu di papan tulis! Bisa gambar tabel, diagram venn, atau pie chart tentang data yang ada saat meeting. Meskipun apa yang Kamu gambar tidak terlalu akurat, nantinya pasti orang lain yang hadir di meeting tersebut ikut mengoreksi dan menjadikan gambarmu acuan untuk bahan diskusi ke depannya.

 

2. Minta Untuk Mengulang Bahasan
Ada satu titik saat meeting, semua orang saling mendebat kecuali Kamu. Nah, disini Kamu bisa terlihat keren tanpa malu-maluin! Minta moderator atau orang yang dominan saat meeting untuk mengulang bahasan terakhir.

“Guys, sebentar, bisa diulang lagi nggak tadi yang kita bahas?”

Semuanya pasti bakal diam dan menengok ke arahmu, takjub dengan kemampuanmu membungkam keributan.

“Sebenarnya masalah yang kita mau selesaikan yang mana dulu, sih?”

Boom! Kamu bakal kelihatan keren abis!

 

3. Mengangguk Sambil Menulis Tiap Poin Penting
Selalu bawa notepad tiap kali meeting! Tiap kali ada kata atau kalimat penting yang dilontarkan, angguk lalu catat. Kalau ada yang bertanya apa yang Kamu catat, bilang saja itu catatan pribadi untuk dibaca dan dipahami lagi seusai meeting.

 

4. Tebar Sense of Humor-mu di Ruang Meeting
Kalau ada yang bertanya pendapatmu tentang satu jam terakhir di ruang meeting, timpali dengan “Wah, satu jam terakhir saya nggak dengar apa-apa tuh, haha!” dan lanjut ungkapkan pendapatmu yang sebenarnya.

Tentunya bercanda di ruang meeting perlu timing yang pas agar tidak terkesan terlalu bercanda dan meremehkan materi meeting. Bila semua orang tertawa, itu berarti mereka menganggapmu bisa mencairkan suasana dengan keren!

 

5. Tanyakan Tiap Istilah Teknis yang Tidak Kamu Tahu
Terkadang, engineer atau beberapa ahli yang hadir saat meeting memberikan istilah-istilah teknis yang nggak umum. Dari sini Kamu bisa minta tolong mengulang istilah yang tidak Kamu mengerti dan minta penjelasannya.

Tenang! Kamu tidak akan dianggap bodoh karena mengulang istilah teknis atau bertanya hal yang tidak Kamu tahu, bahkan mereka akan menganggapmu cerdas dengan bertanya hal penting.

 

6. Mengelilingi Ruangan
Saat meeting biasanya ada peserta yang berdiri dari kursinya, lalu mengungkapkan pendapatnya sambil mengelilingi ruangan, kelihatan keren kan? Butuh banyak keberanian untuk itu. Berdiri dan mengelilingi ruangan bisa membuatmu lebih rileks, apalagi memahami kondisi ruangan dan tiap peserta meeting. Bonusnya, Kamu bisa terlihat lebih keren!

 

7. Minta Presenter untuk Mengulang Slide
Meminta presenter untuk mundur ke slide sebelumnya membuatmu terlihat sangat perhatian pada presentasi. Hal itu juga bisa membuat presenter yang tadinya (mungkin) merasa terburu-buru menjelaskan slide, bisa mundur dan menjelaskan slide sebelumnya dengan lebih santai dan jelas.

Dari ketujuh tips di atas, mana yang menurutmu paling keren? Nggak semuanya harus Kamu lakukan lho, tergantung dari situasi dan kondisi saat meeting dan tentunya kepercayaan diri yang Kamu miliki. Pokoknya, do more of what makes you awesome!

 

0 Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *