Yuk, Manfaatin Video Buat Strategi Marketing Kamu!

August 19, 2017 |
Creative 0 Comment

Video sudah merambah ke berbagai medium dan tidak bisa lepas dari keseharian kita. Seperti yang kita lihat di TV, YouTube, bahkan videotron yang ada di tempat umum. Dari dulu, ngiklan lewat video dipandang menghabiskan banyak resources, padahal video adalah salah satu media iklan yang efektif untuk menaikkan awareness.

Video marketing akhir-akhir ini mulai menjangkau semua jenis usaha, dari UKM yang mulai aktif beriklan online sampai perusahaan yang sudah establish. Tapi ngga sedikit juga UKM dan start-up yang beriklan di media sosial tapi masih mengabaikan konten berupa video sebagai salah satu strategi marketing. Hal tersebut biasanya disebabkan karena UKM dan start-up merasa “terintimidasi” dalam hal resources untuk pembuatan video, terlebih bagi mereka yang memiliki keterbatasan resources untuk beriklan.

Sebenarnya Kamu bisa memaksimalkan video marketing tanpa perlu buang-buang resources, caranya dengan menentukan jenis video yang tepat, misalnya dengan cerita yang simpel tapi menarik, durasi yang proporsional, atau bahkan DIY video yang dirasa tepat buatmu. Tiap jenis video memiliki keunikan dan benefit-nya masing-masing lho!

 

Dari segi marketing, ada tiga jenis video yang paling sering digunakan:

Video Storytelling — Video yang menceritakan tentang brand atau perusahaan Kamu, cerita di belakangnya, bahkan hingga profil karyawan. Video storytelling akan membantu pelanggan dan audiens Kamu memahami cerita di belakang brand yang Kamu punya. Video jenis ini juga sangat bagus untuk membangun brand yang kuat, mendorong rasa percaya, dan meningkatkan loyalitas konsumen.

Animated Videos/ Infographic — Video jenis ini terfokus pada memecahkan suatu masalah, menjelaskan dengan format “How to”. Bertahun-tahun, video jenis ini bagus untuk SEO, dan peringkat pencarian dari beberapa brand yang menggunakannya terus meledak.

Video Testimonial — Tenang, bukan video testimonial tentang pengakuan tindak kejahatan, kok! video testimonial yang dimaksud lebih ke video berbagi cerita dari pihak ketiga, atau konsumen setia tentang brand yang Kamu punya. Video jenis ini bisa membangun kredibilitas Kamu dan ngasih tau ke calon konsumen, kalau produk atau layanan kamu itu manfaatnya nyata!

 

Dari segi marketing, setahun belakangan ini konten video menduduki peringkat teratas sebagai konten yang mampu menghubungkan konsumen, penonton, dan pengikut di berbagai platform. Strategi video marketing yang efektif mampu menghasilkan ROI (Return of Investment) lebih tinggi dibandingkan jenis strategi digital marketing lainnya.

Cisco memprediksi bahwa 69% traffic dari internet tahun ini (2017) adalah konten video.

Tuh, kan! Ini adalah panggilan buat Kamu penggiat UKM yang belum menyadari pentingnya ngiklan pake video. Jadi, buat apa nunggu-nunggu? Segera manfaatkan video sebagai strategi marketing brand milikmu!

0 Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *