Super Bowl: Ketika Iklan Menjadi Sangat Dinantikan!

March 7, 2016 |
Creative 0 Comment

Biasanya iklan pada suatu tayangan televisi atau internet menjadi hal yang sangat dihindari oleh audiens. Bagaimana tidak, perasaan kesal pasti memuncak ketika konten yang kita tonton dipotong di tengah penayangan untuk menampilkan iklan. Kalau internet user pasti sangat kesal dengan iklan YouTube yang tidak bisa dilewati dan terpaksa harus menunggu selama 15 detik. Namun semua menjadi berbeda 180 derajat pada penayangan Super Bowl; final liga futbol amerika yang di selenggarakan oleh NFL (National Football League).

Ya futbol Amerika atau American Football memang merupakan olahraga nomor 1 di Negara tersebut. Tidak peduli wanita atau pria dari bebagai jenjang usia, selama orang Amerika Serikat, sebagian besar pasti menyenangi olahraga yang satu ini. Futbol merupakan olahraga yang sudah menjadi budaya yang melekat erat dan tidak bisa dipisahkan dari masyarakat Amerika. Karena itulah final liga futbol atau yang biasa disebut sebagai Super Bowl menjadi hal yang paling dinantikan oleh sebagian besar orang Amerika. Bisa dibilang lebih dari 90% orang Amerika pasti menonton siaran langsung Super Bowl di rumahnya. Bahkan stasiun televisi yang tidak menayangkan Super Bowl, biasanya hanya akan menayangkan program re-run dan menunda penayangan program-program unggulannya.

Fenomena ini membuat hampir seluruh brand di Amerika Serikat menciptakan konten adaptif yang berkaitan dengan Super Bowl untuk mendulang tingkat engagement dan memberikan relevansi pada kontennya atau yang biasa kita kenal dengan real time marketing.

Tidak hanya itu, seperti yang dijelaskan pada baris pertama, kebiasaan audiens pun berubah. Super Bowl merupakan tempat di mana audiens malah menunggu-nunggu dan bersemangat menyaksikan iklan-iklan komersil di Super Bowl. Awalnya saya pun bertanya-tanya bagaimana bisa? Namun setelah diselidiki ternyata hal ini merupakan tradisi dari Super Bowl. Setiap iklan yang ditayangkan di Super Bowl dibuat khusus untuk event tersebut. Dibuat khusus berarti spesial, eksklusif, dan sudah tentu berkali lipat lebih menarik dari iklan biasa. Banyak iklan yang melakukan pendekatan humor dan emosional yang memiliki stopping power dan membuat audiens terkagum-kagum karena penyampaian pesannya yang unik. Berikut adalah beberapa contoh iklan di Super Bowl:

Ya Super Bowl adalah sebuah tradisi, sebuah budaya yang ternyata mampu mempengaruhi segala aspek kehidupan termasuk mengubah kebiasaan masyarakat. Perusahaan yang terlibat dalam tradisi dan perubahan ini harus bisa menyesuaikan diri dan malah harus melihatnya sebagai kesempatan baik untuk meningkatkan nilai branding-nya. Sejauh ini, iklan Super Bowl yang mana yang paling kamu sukai?

0 Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *