Scripted Wrestling, Model Bisnis Yang Unik Dari WWE.

June 9, 2015 |
Creative 0 Comment

Bagi penggemar olahraga ekstrim, nama WWE sudah pasti tidak asing lagi. Ya, WWE adalah perusahaan asal Amerika Serikat yang bergerak di bidang entertainment dengan pro wrestling sebagai produk primernya. Tapi tahukah anda bahwa semua yang terjadi di atas ring hanyalah sebuah skenario? Mungkin jika anda adalah anak di bawah umur yang sangat mengagumi kehebatan dari John Cena atau The Rock, anda tidak akan mempercayai fakta ini karena anda merasa sangat kecewa akan sosok perkasa superstar favorit anda yang ternyata tidak sungguhan dan hanya bagian dari skenario.

Ya inilah model bisnis unik yang dimiliki oleh WWE yaitu scripted wrestling, karena itu bahasa yang selalu mereka gunakan dalam mengkomunikasikan produknya adalah sports entertainment, bukan pro wrestling. Hal ini dikarenakan terdapat perbedaan yang besar di antara scripted wrestling yang menggunakan storyline yang sudah diatur sedemikian rupa dengan pro wrestling yang sungguhan dan tidak memerlukan semua itu.

WWE memiliki “panggung” yang rutin digelar tiap minggunya yaitu Monday Night RAW dan Thursday Night SMACKDOWN, juga main event tiap bulannya yang mereka sebut dengan Pay Per-View (PPV). Mereka menceritakan cerita yang tidak pernah berakhir di tiap panggungnya, membuatnya terlihat nyata bagi para fansnya, bahkan storyline nya sampai dibawa ke media sosial personal para superstarnya.

Rusev on Twitter   Get final look at  JohnCena before I  CRUSH him for good.  WWEPayback will be day when American superhero cries I QUIT    superathlete

 

LANA   LanaWWE    Twitter

Hal inilah yang menurut saya sangat unik sebagai fans WWE yang juga memperhatikan bagaimana cara mereka menjalankan pertunjukkannya. Ulasan atau versi pendek dari tiap main eventnya dapat disaksikan di WWE official youtube channel.

Lalu muncul lah rasa penasaran saya terhadap bisnis WWE yang sukses mempertahankan bahkan mendominasi pasarnya dari awal 80-an hingga sekarang; bagaimana cara mereka membuat produk mereka tetap menarik bagi audiens mereka, apa saja yang dibutuhkan dalam membuat storyline yang apik dan bagaimana eksekusinya? Berikut analisa saya:

  1. Karakter Yang Kuat

Aset utama dari WWE adalah superstarnya, karena itu karakter yang kuat dan memiliki ciri khas merupakan kunci dari keberhasilan terciptanya storyline yang menarik. Contoh: Bray Wyatt dengan karakter menyeramkan orang pedalaman Amerika Serikat yang percaya bahwa ia adalah tuhan yang abadi dan memiliki misi mematahkan semangat orang-orang yang sedang berjuang mencapai mimpinya, atau The Undertaker dengan karakternya sebagai orang yang seolah-olah bangkit dari kubur dan menciptakan aura ketakutan pada setiap lawannya. Ciri khas dari masing-masing superstar juga bisa berupa gimmick dari apa yang sering mereka katakan atau kebiasaan-kebiasaan mereka. Hal ini juga dapat dikonversi menjadi merchandise yang pastinya menjadi income besar bagi WWE.

  1. Angle Kamera Yang Tepat

Angle kamera yang tepat juga merupakan unsur penting dari cerita yang disampaikan di atas ring maupun di belakang panggung. Karena eksekusi  dari storyline yang telah dibuat akan berhasil jika gambar yang ditampilkan tepat sehingga mampu membuatnya terlihat lebih nyata.

  1. Latihan

Tiap main event dari WWE adalah live show, oleh karena itu jika para superstar tidak berlatih dengan baik mengikuti skenario, dapat terjadi kesalahan-kesalahan di atas ring maupun di belakang panggung yang dapat merusak pertunjukkan.

  1. Memahami Audiens

Untuk menciptakan sebuah pertunjukkan yang menarik bagi audiens atau yang biasa disebut sebagai “WWE Universe”, kita harus memahami apa yang disukai dan tidak disukai oleh audiens. Siapa saja superstar yang disukai dan tidak disukai, tipe superstar seperti apa yang disukai dan tidak disukai, superstar mana yang paling diinginkan audiens untuk menang atau kalah, dan lain-lain. Jika kita sudah mengetahui itu semua, baru lah kita dapat membuat storyline yang menarik di tiap minggunya dengan me-maintain apa yang disukai dan tidak disukai oleh audiens agar tetap menarik, tidak membuat mereka bosan, dan tetap setia mengikuti tiap episode dari WWE.

Nah itulah analisa yang saya dapat dari rasa penasaran saya terhadap bisnis model WWE yang unik. Punya pendapat lain terkait hal ini? Atau bahkan tertantang menciptakan konsep bisnis yang lebih unik?

0 Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *