Mendengarkan Musik Sambil Bekerja Itu Baik Atau Buruk?

April 14, 2016 |
Creative 0 Comment

Di setiap meja kerja, sebuah benda bernama earphone atau headphone hampir selalu ada. Karena kebiasaan bekerja sambil mendengarkan musik memang sudah sangat melekat di kalangan pekerja yang bekerja di depan komputer.

Hal ini disebabkan oleh berbagai macam alasan. Ada yang ingin fokus terhadap pekerjaannya dan tidak ingin terdistraksi oleh yang lain, ada yang bilang bahwa musik favoritnya membuatnya menjadi lebih produktif, dan lain-lain. Namun apakah mendengarkan musik sambil bekerja itu memang memberikan dampak yang baik? Berikut faktanya.

Musik memang benar membuatmu lebih fokus terhadap pekerjaanmu

thumbnail musik 1

Jika kamu bekerja di tempat yang agak berisik, menyumbat lubang telingamu dengan earphone dan mendengarkan lagu favoritmu mencegah perhatianmu terpecah dan membuatmu lebih fokus terhadap pekerjaan yang sedang kamu kerjakan. Penelitian yang dilakukan oleh University of Miami menyatakan bahwa orang yang mendengarkan musik sambil mengerjakan tugasnya kemungkinan menyelesaikannya lebih cepat dan bahkan mampu memikirkan ide  kreatif yang baru, semua dikarenakan musik mendongkrak semangatnya. Dr. Teresa Lesiuk, salah satu professor yang bertanggung jawab atas penelitian tersebut menjelaskan bahwa orang dengan mood yang positif, mampu menghasilkan opsi yang lebih banyak dalam hal yang dikerjakannya.

Musik membuat pekerjaan yang repetitif lebih menyenangkan

Jenis pekerjaan yang repetitif cenderung memang sangat membosankan, namun penelitian membuktikan bahwa mendengarkan musik sangatlah membantu. Karena dengan mendengarkan musik mampu meningkatkan kebahagiaan pekerja dan efisiensi kerja. Backgrund Music atau BGM bernada mayor lebih memberikan dampak terhadap mood positif dalam melakukan pekerjaan repetitif yang biasanya membosankan.

Lirik pada sebuah musik bisa menjadi distraksi

thumbnail musik 2

Pada sebuah pekerjaan fisik, musik dengan lirik dapat memberikan dampak positif bagi pekerja. Namun untuk pekerjaan intensif yang membutuhkan fokus, lirik pada sebuah musik bisa sangat mengganggu. Karena dalam sebuah penelitian, 48% dari partisipan menganggap bahwa pembicaraan yang jelas terdengar sangat mengganggu fokus mereka dalam bekerja. Mencoba berkonsentrasi pada pekerjaan yang berhubungan dengan bahasa seperti copywriting sambil mendengarkan lirik pada sebuah lagu sama seperti mendengarkan orang berbicara kepadamu saat kamu sedang bermain gitar, sangat mengganggu. Karena itu musik tanpa lirik seperti BGM sangat direkomendasikan karena lebih mampu membuatmu menjadi lebih produktif dalam bekerja.

Mempersulit komunikasi di tempat kerja

Hal ini sering kali saya alami atau mungkin kalian semua pernah mengalaminya. Berkomunikasi dengan rekan kerja yang telinganya disumbat earphone yang memainkan musik dari aplikasi spotify atau iTunes music-nya sangatlah sulit. Walaupun kita bisa berkomunikasi dengannya lewat chat group internal perusahaan atau jaringan pribadi, tetap membutuhkan waktu yang cukup lama sampai mereka membalas. Sehingga memanggil namapun tidak cukup, namun harus menepuk pundaknya terlebih dulu.

Itulah dampak positif dan negative dari mendengarkan musik sambil bekerja. Ada yang ingin menambahkan?

0 Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *