Manfaat Content Marketing dalam Menjalankan Bisnis

February 24, 2015 |
Creative 0 Comment

Content marketing perlahan namun pasti dapat menjadi suatu strategi bisnis karena ternyata memiliki hasil yang menjanjikan. Hal ini dibuktikan oleh beberapa Start-up bisnis maupun perusahaan besar yang memanfaatkan content marketing dalam menjalankan bisnisnya. Berikut dua perusahaan besar yang menerapkan content marketing.

Virgin Mobile

Dalam melebarkan sayap bisnisnya, Virgin Mobile melakukan content marketing dengan membuat Virgin Mobile Live, sebuah social newsroom yang membagikan konten secara berkala setiap hari. Konten yang diberikan berupa musik, aplikasi terbaru, dan beberapa meme yang sedang tenar didunia maya. Virgin Mobile Live juga membagi konten mereka kedalam berbagai media sosial lain diantaranya Facebook, Buzzfeed, Twitter, dan Instagram. Dari semua media sosial tersebut didapatkan hasil rata-rata konten yang diposkan Virgin Mobile mendapat 1 juta view setiap bulan dan sebanyak 50.000 share di Facebook dan Twitter. Fakta ini memberikan pengaruh signifikan terhadap brand awareness dan membesarnya cakupan bisnis dari Virgin Mobile.

Kepada Forbes, Virgin Mobile mengklaim bahwa tujuan utama content marketing melalui beberapa platform yang mereka lakukan ini tak hanya untuk memperbesar cakupan konsumen, tapi juga untuk memperdalam engagement antara perusahaan dengan konsumen.

American Express

American Express juga memanfaatkan content marketing dalam bisnisnya. Dari banyaknya konten yang mereka buat, salah satu yang paling memorable, istimewa, dan bertahan lama adalah American Express Unstaged, sebuah program konser dari musisi terkenal yang disiarkan secara live streaming melalui Youtube. Bahkan pada saat American Express Unstaged tahun 2011 mengundang Coldplay sebagai bintang tamu, acara tersebut disebut sebagai acara terbesar yang ditayangkan melalui Youtube pada saat itu.

“Konten merupakan bagian penting dalam usaha kita melakukan strategi pemasaran. Ini dapat mengubah sikap konsumen dari secara sederhana melihat pesan kita, hingga mempertimbangkan untuk memilih dan setia pada brand kita” ungkap Walter Frye, Direktur Entertainment Marketing dan Sponsorship American Express.

Sukses yang didapat dari dua perusahaan luar negeri diatas dalam menerapkan content marketing, ternyata juga diikuti oleh sukses brand Indonesia yang menjadikan content marketing sebagai pilihan strategi dalam menggapai sukses dalam berbisnis. Brodo merupakan salah satu contohnya.

Brodo

Bisnis e-commerce asal Bandung yang pada awalnya khusus dalam menyediakan footwear bagi pria ini dimulai dengan hanya memanfaatkan relasi pertemanan dalam melakukan promosi. Setelah melihat adanya potensi target konsumen yang semakin besar dan keinginan untuk melebarkan sayap bisnisnya, mulai disadari bahwa produk mereka membutuhkan awareness konsumen dengan cakupan yang lebih luas lagi. Pada saat itu melakukan content marketing ditetapkan sebagai pilihan strategi.

Hampir tanpa biaya, Brodo melakukan content marketing dengan memanfaatkan berbagai jenis media sosial. Media sosial tersebut kemudian dipetakan sesuai dengan fokus dan tujuan dari penggunaannya. Berikut beberapa diantaranya;

Facebook

Penggunaan Facebook tujuannya untuk memenuhi kebutuhan Brodo dalam melakukan hard selling. Diantaranya dengan secara berkala mengepos koleksi-koleksi sepatu yang Brodo produksi.

Instagram

Penggunaannya lebih difokuskan untuk memberikan konten yang informatif sekaligus menghibur. Dalam instagram-nya, Brodo menampilkan inspirasi fashion yang dapat dijadikan acuan dalam memadupadankan sepatu Brodo dengan style yang sedang berkembang saat ini.

Twitter

Dimanfaatkan Brodo untuk secara langsung dapat berinteraksi dengan konsumen mereka. Saran dan kritik dari konsumen Brodo dapat secara langsung ditanggapi. Ini memiliki pengaruh pada berkembangnya inovasi dan kepercayaan konsumen terhadap Brodo.

Tumblr

Media sosial ini dimanfaatkan Brodo sebagai wadah apresiasi bagi konsumen. Tumblr dipenuhi foto-foto konsumen yang sedang mengenakan produk Brodo. Secara tidak langsung ini menjadi sebuah customer review yang dilakukan oleh konsumen dengan cuma-cuma. Pengaruh yang kemudian timbul adalah peningkatan image Brodo di mata konsumen potensial berikutnya. Hal ini dikarenakan secara psikologis, konsumen akan lebih percaya jika rekomendasi dilakukan oleh orang yang dekat dengan mereka, dibandingkan memercayai sebuah iklan promosi yang ditampilkan perusahaan.

Dari berbagai media sosial yang digunakan dalam melakukan content marketing, Brodo mengklaim bahwa semuanya memberikan pengaruh signifikan terhadap peningkatan penjualan dan brand awareness konsumen. Namun diakui oleh CEO Brodo, Yukka, bahwa newsletter-lah yang berperan paling penting dalam memberikan keuntungan penjualan. Hal itu dibuktikan dengan adanya 3% penjualan yang dihasilkan setiap 3-4 bulan mereka mengirimkan newsletter.

Tiga contoh di atas menunjukkan manfaat content marketing sebagai sebuah starategi bisnis yang dapat memberikan keuntungan yang menjanjikan. Memang hasilnya tidak terlihat secara instan, namun sangat menunjang dalam tumbuh dan berkembangnya bisnis yang kita bangun.

 

‘image source: business2community’

0 Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *