Maksimalkan Branded Entertainment, Sisipkan Cerita Brand Kamu!

August 17, 2017 |
Creative 0 Comment

Sering kaget saat nonton film lalu tiba-tiba ada scene product placement dari brand yang Kamu tahu? Atau saat Kamu nonton bola, Kamu merasa familiar dengan siapa-siapa aja sponsor klubnya di tiap musim? Nah, itulah yang disebut branded entertainment.

Branded entertainment adalah bentuk kombinasi antara strategi (brand marketing) dengan entertainment, biasa juga dikenal sebagai “advertainment”.

Metode yang digunakan dalam branded entertainment adalah storytelling, karena tiap brand punya sesuatu yang ingin diceritakan. Kalau Kamu sanggup menentukan cerita yang menarik dan mencari siapa yang ingin mendengarkan ceritamu, itu akan jadi nilai tambah dalam branded entertainment yang Kamu implementasikan. Satu hal lagi, jangan lupa untuk menyesuaikan ceritamu dengan bentuk entertainment yang tersedia, baik itu film, radio, podcast, artikel, olahraga. Dengan menggunakan entertainment untuk menyampaikan cerita, Kamu sebagai pemilik brand bisa menjalin hubungan yang positif dengan audiens selagi mereka sedang menikmati sebuah entertainment.

Masih belum kebayang wujud implementasi dari branded entertainment? Nih, Kamu bisa lihat sendiri contohnya di film Transformer 4 dan Man of Steel. Contoh lainnya adalah tiap film yang dirilis oleh Lego dan Rovio. Mereka berhasil membuat film yang nggak terkesan brand placement, meskipun beberapa film mereka juga berfungsi untuk mengiklankan produk mereka, ‘Lego‘ dan ‘Angry Birds’. Nice try!

Menggunakan branded entertainment bisa menjadi salah satu cara yang efektif untuk mengembangkan bisnismu. Kamu bisa menjangkau target market baru yang tertarik pada segala macam bentuk entertainment yang sebelumnya tidak terjangkau, dan audiens akan mendapatkan value lebih dari sekedar brand atau entertainment. Gimana menurut Kamu?

0 Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *