Jadi Freelancer di Era Digital; Tambah Penghasilan, Tambah Skill!

August 23, 2017 |
Creative 0 Comment

Mencari uang tambahan di luar gaji bulanan adalah cara para hustler di seluruh dunia buat menambah penghasilan dan menjaga gaya hidup. Menjadi freelancer selalu jadi pilihan demi tambahan tersebut. Jika Kamu berminat untuk menjajaki kemungkinan menambah pundi-pundi tabungan lewat pekerjaan lepas, sebaiknya Kamu tidak melupakan satu hal yang juga akan bertambah dengan sendirinya. Yes, skill. Apalagi dengan perkembangan dunia digital, makin mudah deh, mencari pekerjaan lepas yang menjanjikan. Kamu bisa bekerja untuk perusahaan yang adanya di ujung dunia, lho.

1. Jadi Penulis Lepas

Kalau Kamu merasa kreatif dan jago merancang kata-kata, coba deh, jadi penulis lepas. Penulis lepas ini banyak jenisnya, lho. Ada yang jadi penulis artikel, ada yang jadi script writer, ada yang jadi social media content writer, dan ada juga yang jadi copywriter. Tinggal Kamu kenali kekuatanmu, lebih bisa menulis panjang yang sarat informasi, atau pendek yang langsung kena sasaran? Mau coba semua juga boleh, sekalian melatih skill menulismu, kan?

2. Jadi Desainer Kreatif

Nah, jika Kamu bisa desain, enak nih. Desainer adalah satu pekerjaan yang sering dapat tawaran kerja lepas, apalagi jika network Kamu cukup luas di dalam komunitas desainer. Enaknya lagi, sebagai desainer, biasanya orang-orang akan mengajak kerja sama karena mereka menyukai portofoliomu. So, mulailah rajin mempertebal portofoliomu sejak dini, lalu upload di Instagram, siapa tau dilirik untuk diajak kerja sama. Oh iya, nggak usah muluk-muluk dulu dalam mematok harga, ya.

3. Jadi Penerjemah

Kamu memiliki kemampuan bahasa Indonesia dan bahasa asing yang baik? Kenapa nggak coba jadi penerjemah? Peran ini masih dibutuhkan banget, lho. Ada yang butuh translator untuk novel, paper, buku pelajaran, serial TV, bahkan komik. Asik, kan? Kamu jadi bisa tahu duluan gimana cerita serial TV atau komiknya dari pada orang lain. Makin sering translate, makin berkembang juga kemampuan bahasamu.

4. Nulis buku

Saatnya kamu menerbitkan kisah-kisah yang sudah kamu tulis atau bayangkan selama ini! Susah mepublikasikan tulisan via penerbitan tradisional? Jangan sedih, ada eBook, kok! Bahkan di era digital begini, gampang banget untuk menjadi ghost writer alias penulis belakang layar.  Siapa tahu novelmu jadi best seller terus diangkat ke layar lebar. That would be amazing!

5. Jual Kerajinan Tangan

Kerajinan tangan yang diminati nggak perlu ribet-ribet kok. Gambar-gambar karakter atau avatar lucu buat hadiah ulang tahun, wisuda, bahkan pernikahan, bisa jadi pilihan jualan buat Kamu yang jago gambar. Motivational quotes yang dibingkai secara apik dan unik juga digemari, lho. “Terus jualnya dimana? Kalau di luar sih ada Etsy, di sini?” Simpel, hasil karya Kamu ini bisa dijual di media sosial.

6. Jual Stock Photo

Bangga sama hasil fotomu? Kamu bisa lho, menjual gambar hasil jepretanmu di tempat-tempat yang bakal menyebarluaskan stock photo milikmu with some price. Biasanya sistemnya adalah bagi komisi sekitar 30 – 70 persen dari harga jual foto. Coba deh lihat-lihat ke Shutterstock, 123RF, atau Dreamstime, dan pilih yang menawarkan keuntungan paling besar buatmu, dari segi uang mau pun publikasi.

7. Ngajar Secara Online

Sudah tau kan, kalau sekarang banyak aplikasi guru privat yang bisa bantu anak sekolah belajar atau ngerjain PR? Kalau memang Kamu butuh penghasilan tambahan atau passionate dalam membagi ilmu, kegiatan ini boleh dicoba nih. Ada mobile application seperti Ruang Guru yang bisa kamu manfaatkan.

8. Jalanin Blog dan Youtube Channel

Udah, seriusin deh itu blog sama Youtube channel. Jangan takut nggak cukup waktu buat ngerjain kontennya, kan ada akhir minggu? Kalau Kamu seriusin kedua channel ini, dan bisa mendapat sejumlah pengunjung, Kamu bisa mendapatkan penghasilan dari Google Adsense. Dalam kedua platform ini Kamu juga bisa lebih bebas dalam mengekspresikan diri.

9. Website Design and Development

Jika Kamu memiliki kemampuan IT, jadi website developer secara freelance mungkin sudah ada di bayangan, ya? Proyek-proyek IT begitu biasanya uangnya emang lumayan banget. Nah, kalau Kamu mau sekalian asah kemampuan desain, Kamu juga bisa merangkap sebagai website designer and development. Dengan dua kemampuan itu, pastinya makin banyak yang nyari Kamu dan pendapatan lepasmu pun makin besar. Bisa kerjain dari mana saja, pula! Jadi nggak perlu banyak mikir untuk ngelakuin pekerjaan lepas ini, kan?

Biarpun pekerjaan lepas via digital ini lebih efisien untuk dikerjaan ketimbang cara tradisional yang harus ketemu langsung atau kirim pekerjaan lewat surat menyurat, Kamu tetap harus pintar-pintar bagi waktu ya, dalam mengerjakan pekerjaan lepas, pekerjaan utama, dan beristirahat atau liburan. Jangan karena demi pundi-pundi tambahan serta mengasah skill, Kamu jadi gampang sakit dan nggak bahagia, ya!

0 Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *