Menumbuhkan Kebiasaan Berpikir Kreatif

April 10, 2017 |
Creative 0 Comment

Beberapa waktu lalu saya sempat baca postingan dari salah satu teman saya di LinkedIn yang bunyinya kira-kira seperti ini, “Kebiasaanmu akan menentukan masa depanmu”.

Entah kenapa postingan ini berhasil membuat saya berpikir ulang bagaimana proses kreatif di kantor Froyo Story seharusnya bisa berjalan lebih baik lagi karena selayaknya perusahaan kreatif yang bergerak di bidang digital marketing, Froyo Story dituntut untuk senantiasa hadir dengan konsep-konsep kreatif demi memenuhi kebutuhan brand yang sedang dan atau akan dikelola. Mulai dari untuk kepentingan pitching sampai kegiatan penciptaan konten sehari-hari.

Di Froyo Story, antar brand dikelola oleh masing-masing tim. Sepanjang kontrak Froyo Story dengan brand itu, selama itu juga tim tersebut harus bertanggung jawab atas brand yang dikelolanya. Secara sekilas ini bagus, tapi, akan berbahaya ke depannya karena rutinitas berpotensi membunuh daya kreativitas tim tersebut.

Saya jadi yakin kalau rutinitas ini harus didukung oleh kebiasaan berpikir kreatif agar ide yang keluar bisa tetap fresh. Oleh karenanya kultur perusahaan sangat berperan penting dalam menumbuhkan kebiasaan. Melakukan kegiatan secara bersama-sama terus menerus seperti diskusi dan atau eksekusi konten tidak akan bikin tim berkembang karena lambat laun pemikiran dan bahasannya akan mirip juga sehingga salah satu cara untuk mendorong kebiasaan berpikir kreatif misalnya harus ada orang luar yang masuk ke dalam tim itu yang memiliki pemikiran yang berbeda dengan tim yang sudah mapan itu sehingga merusak zona nyaman mereka dalam proses penciptaan ide. Baru dengan begitu proses kreatif dapat berjalan baik lagi.

Kultur perusaaan misalnya juga harus menanamkan kebiasaan untuk tidak cepat puas atas pencapaian yang diraih sehingga anggota tim akan terus berupaya berinovasi, tim harus punya kebiasaan untuk selalu keluar dari zona nyaman, kebiasaan untuk menerima ide yang dianggap ‘beda’ dan lainnya. Maka dengan begitu kebiasaan berpikir kreatif akan menjamin kebaikan masa depan Froyo Story untuk menjadi perusahaan yang paling inovatif di Indonesia.

 

0 Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *