5 Hal Yang Bisa Anda Lakukan Dengan Customer Feedback

December 1, 2015 |
Business 0 Comment

Di zaman internet ini, pelanggan memiliki opsi yang lebih mudah untuk memberikan feedback atau masukan terhadap produk Anda dengan teknologi bernama email yang bisa dikirim kapan saja dan darimana saja. Rata-rata pelanggan hari ini ternyata malah lebih aktif datang kepada Anda dengan saran dan ide mereka. Mereka senang membagikan ide mereka karena mereka berharap dengan semakin banyaknya masukan yang diberikan, mereka akan mendapatkan produk yang lebih baik dari Anda.

Namun sayangnya banyak dari masukan-masukan tersebut yang tidak ditanggapi bahkan tidak dibaca, mengingat masih banyak hal yang bisa dilakukan dari dari hal tersebut. Berikut adalah 5 hal yang bisa Anda lakukan dengan customer feedback.

 

Meningkatkan taraf produk atau jasa perusahaan Anda

Mendengarkan masukan dari pelanggan Anda adalah satu-satunya cara yang menjamin bahwa Anda menciptakan produk atau jasa sesuai dengan yang diinginkan oleh audiens yang jadi sasaran Anda. Walaupun tidak harus semua masukan Anda implementasikan secara mentah-mentah, namun Anda dapat memilah-milah saran dan sudut pandang yang paling tepat dari audiens yang berhubungan secara langsung dengan produk atau jasa Anda. Customer feedback juga dapat Anda manfaatkan dalam proses pengembangan produk dan memastikan hasil akhirnya merupakan solusi bagi masalah yang dihadapi oleh pelanggan.

Contoh perusahaan yang mampu menciptakan produk yang tepat bagi kebutuhan pelanggannya bahkan melampaui ekspektasi mereka adalah Apple, Virgin, Dell, dan lain-lain. Dalam dunia bisnis yang kompetitif hari ini, perusahaan yang dapat merangkai pengembangan produk dan masukan pelanggan akan menjadi perusahaan yang memiliki keuntungan kompetitif.

 

Meningkatkan Sales

Dengan asumsi bahwa kualitas terbaik dari produk dan atau jasa merupakan tujuan Anda, maka menerima komentar yang positif dari pelanggan akan meningkatkan sales Anda. Hal tersebut akan membuat proses perubahan prospek menjadi pelanggan lebih mudah. Penelitian membuktikan bahwa Anda dapat melampaui kenaikan 10% sales dari sistem feedback yang baik. Karena itu pastikan setiap komentar positif selalu Anda tampilkan di platform yang Anda miliki secara maksimal agar prospek Anda dapat menyimaknya.

 

Memotivasi Anda dan rekan kerja Anda

Sekadar mengetahui pelanggan Anda mencintai Anda dan melihat bukti bahwa mereka benar-benar mencintai apa yang perusahaan Anda lakukan merupakan perbedaan yang besar. Buatlah sebuah platform khusus berisi komentar-komentar positif pelanggan terhadap Anda, tunjukkan pada semua rekan Anda bahwa apa yang mereka lakukan benar-benar berarti, bahwa apa yang mereka lakukan telah mengubah hidup seseorang menjadi lebih baik. Hal ini merupakan alat motivasi terbaik karena berbentuk sebuah bukti yang asli, bukan hanya quotes belaka.

 

Cara terbaik mengukur kepuasan pelanggan

Mengukur kepuasan pelanggan membantu Anda menentukan apakah produk atau jasa Anda kurang, sesuai, atau malah melampaui kepuasan pelanggan Anda. Survey masukan pelanggan membantu Anda melacak dan memantau betapa senangnya atau tidak senangnya pelanggan Anda terhadap produk atau jasa Anda sehingga Anda tahu apa yang seharusnya Anda lakukan untuk mencapai parameter tersebut.

 

Berikan hadiah kepada pelanggan tersebut

Berikan hadiah kepada pelanggan yang memberikan masukan yang berharga pada perusahaan Anda sebagai tanda terimakasih. Tunjukkan pada mereka bahwa masukan yang mereka berikan sangatlah berarti bagi Anda dan perusahaan Anda, dan bahwa Anda menanggapinya dengan serius, melakukan upaya untuk meningkatkan kualitas produk atau jasa perusahaan Anda berdasarkan komentar yang mereka berikan. Jadi begitu mereka memiliki idea tau saran di lain waktu, mereka tidak akan ragu untuk memberitahu Anda.

Itulah beberapa hal yang bisa Anda lakukan dengan feedback dari customer Anda. Ada yang mau menambahkan? 🙂

0 Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *