Year With Uber; Rekap Data Perjalananmu Selama Setahun Dalam Video Klip

December 15, 2017 |
Campaign 0 Comment

Setelah visualisasi data yang dilakukan oleh Spotify di iklan akhir tahunnya, 2018 Goals, sekarang giliran Uber melakukannya dengan merangkum perjalanan para penggunanya selama tahun 2017 ini. Inilah cara Uber berterima kasih kepada para pelanggannya dengan merilis campaign dengan hashtag #YearWithUber dalam bentuk video musik yang terkesan personal.

Campaign #YearWithUber bisa Kamu nikmati dengan cara login ke website khusus dari Uber dengan account Uber-mu. Oh ya, campaign ini hanya ada di daerah Asia Pasifik aja (Australia, New Zealand, Hong Kong, Indonesia, India, Malaysia, Filipina, Singapura, Thailand, Taiwan, dan Vietnam).

Visualisasi data personal para pengguna Uber kayak gini sebenernya udah diimplementasikan sejak tahun lalu, meskipun konsepnya berbeda. Kalo tahun lalu cuma dalam format image, tahun ini Kamu akan disuguhkan dengan video musik dengan rangkuman data perjalananmu.

#YearWithUber merangkum seberapa jauh perjalananmu dan kapan waktu yang paling sering Kamu gunakan saat menggunakan layanan Uber. Tahun 2017 ini, visualisasi data dengan campaign #YearWithUber dilakukan berdasarkan personalisasi lokasi dan kombinasi dari 5000 lagu dan cerita. Hasilnya? Video musik yang terkesan personal dibalut dengan visualisasi yang bisa memanjakan mata.

Menurut Uber sendiri, #YearWithUber adalah strategi campaign untuk membangun relevansi dengan pelanggan, nggak cuma menonjolkan Uber sebagai penyedia jasa ride-sharing yang mampu mengantarkan pelanggan dari titik A ke B aja. Bahkan tiap negara punya kombinasi dan keunikan audio dan visualnya tersendiri lho! Contohnya di India ditunjukkan dengan shot olahraga cricket, dan di Thailand ada shot tuk tuk yang merupakan alat transportasi khas Thailand.

Apa yang dilakukan Uber ataupun Spotify menunjukan kalo brand udah memanfaatkan big data dengan baik, dan kedepannya tren big data kayaknya masih akan berlanjut di dunia digital marketing. Gimana dengan Kamu? Tertarik memanfaatkan data untuk campaign juga?

0 Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *