Paham Behavior Produk dan Konsumernya, Grab Indonesia Ajak User Buat Share Pengalaman Kedekatan dengan Driver

January 5, 2018 |
Campaign 0 Comment

Pernah ketemu dengan akun-akun dramaojol di Instagram? Akun itu khusus menyebarkan kejadian-kejadian lucu yang terjadi saat user berinterakasi dengan ojol alias ojek dan angkutan online kayak GoJek, Grab, dan Uber. Biasanya, hal yang lucu itu terjadi lewat chat si driver, yang driver-nya typo lah, centil, atau kedua belah pihak miskom.

A post shared by Drama Ojol ID (@dramaojol_id) on

cari odong odong aja bos

A post shared by Drama Ojol ID (@dramaojol_id) on

Driver yang lupa siapa dirinya.

A post shared by Drama Ojek Online Indonesia (@dramaojol.id) on

Nah, Grab Indonesia kenal banget sama behavior itu, dan menjadikan hal itu bagian dari kampanyenya. Aktivitas ini bernama #DekatDenganMasnya. Masih merupakan turunan dari kampanye utama #DekatDenganGRAB, kali ini Grab mengajak audiensnya buat cerita obrolan atau pengalaman yang memorable ketika menggunakan jasa Grab.

Komentar yang masuk lumayan meggelitik, contohnya kayak komentar panjang lebar yang satu ini:

bobysiallagan👨: Saya. 👩 : Mbak Grab (Sebut saja Selena) 📞Panggilan masuk dari nomor tak dikenal 👩 : Halo bang, posisi dimana? 👨: Di kampus USU kak. Dan beberapa lama kemudian Selena datang, dan saya di gerbang kampus. Dia memberi saya helm. Ketika itu saya dipergoki beberapa junior saya bahwa saya berpacaran dengan seorang driver grab. Lumayan cantik drivernya, di perjalanan dia bertanya tentang bagaimana kuliah sampai ke cita2 saya. Saat itu saya berdoa agar jalanan macet total supaya bisa lebih lama dengan Selena. Dia menceritakan hidupnya yang ternyata dia seorang sarjana juga. Dan kebetulan saat itu memang macet dan mendung, 5menit lagi mungkin sampai rumah, cuma karna selena lupa bawa mantel, kami berteduh di SPBU. Di persimpangan itu kami berteduh sambil bercerita ttgku dan tentangnya. Dan saat itu, saya meminta akun WA dan dy tak keberatan. 1 bulan kami berkenalan lewat WA, namun beberapa bulan kemudian dia ternyata sudah menikah. 😭😭😭😭😭😭😭😭😭😭 @grabid, nyesekkkk nyesekk. Padahal uda nyaman kian sama dia. Mau mewujudnyatakan kian apa yang dipergoki juniorki waktu itu. Sudahlah, grab mengajarkanku apa artinya sebuah perasaan yang tulus dan ikhlas. Aku sudah ikhlas tapi takkan bisa melupakan kenangan itu. Selena, aku merindukan boncenganmu. Andai aku yang memboncengmu ke pasar untuk belanja kebutuhan rumah tangga kita kelak. 😭😭😭

Submisi aktivitas ini hanya berupa komentar, hadiahnya berupa GrabPay Credits sebesar Rp 200.000 dan akan ditutup hari ini Jumat, 5 Januari. Sejauh ini, ada sekitar 200 komentar yang menceritakan pengalaman penulisnya dengan mbak dan mas driver. Jumlah submisinya emang nggak terlalu bombastis ya, bahkan kalo dibandingkan dengan aktivitas komentar lainnya yang hanya berhadiah GrabPay Credits sebesar Rp 100.000, aktivitas #DekatDenganMasnya ini kalah jauh.

Padahal seperti sudah diceritakan di atas, Grab berhasil menunjukkan continuity dengan aktivitas digitalnya. #DekatDenganMasnya adalah turunan dari kampanye besar #DekatDenganGRAB serta lanjutan dari offline to online activity #GrabMasnya.

Lalu apanya yang salah ya? Apakah Grab nggak boost kontennya, atau mekanismenya terlalu sulit, atau mungkin memang mekanismenya membatasi submisi? Well, kalo emang mencari engagement, rasanya masih kurang berhasil lewat submisi komentar seperti ini ya, tapi patut diperhatikan dan dipelajari cara Grab menggaet pelanggan setianya. Setuju?

0 Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *