Manfaatkan Momen, Buat Brand-mu Menonjol Saat Natal dan Akhir Tahun

December 22, 2017 |
Campaign 0 Comment

Akhir tahun yang identik dengan perayaan Natal dan menyambut tahun baru, selalu jadi waktu yang meriah dengan banyaknya campaign dari berbagai brand. Apa aja sih yang perlu diperhatikan dalam memanfaatkan momen Natal dan akhir tahun untuk strategi marketing-mu?

Menurut riset Google, pencarian item belanja bisa meningkat sebanyak 34% sesaat sebelum hari Natal pada 25 Desember. Nah, Kamu bisa memanfaatkan informasi ini untuk menetapkan kapan saat yang tepat untuk memasarkan brand-mu. Jangan ikut-ikutan brand lain yang menghabiskan banyak budget untuk campaign dari jauh-jauh hari, amplifikasikan kegiatan marketing-mu dekat dengan hari Natal dan akhir tahun dengan berbagai promosi atau layanan yang menguntungkan konsumen.

Kamu bisa mulai untuk fokus membuat brand-mu muncul dalam peringkat atas pencarian search engine saat mendekati momen Natal dan akhir tahun. Maka dari itu gunakan strategi SEO untuk memposisikan brand-mu dalam pencarian tertinggi search engine atau e-commerce. Google trends adalah salah satu tools yang bisa digunakan untuk riset dalam menentukan keyword apa yang cocok untuk strategi SEO-mu.

Pertimbangan lain, saat calon konsumenmu berbelanja keperluan Natal dan akhir tahun adalah cepatnya pengiriman barang dengan layanan one-day delivery atau next-day delivery. Kalo Kamu udah menjalankan campaign dari jauh hari tapi nggak menawarkan promo atau bahkan gagal menawarkan layanan tersebut, udah pasti tingkat penjualanmu nggak setinggi brand lain yang menawarkan one-day/ next-day delivery service. Apalagi kalo ada layanan tambahan seperti free shipping, dijamin deh penjualanmu bakal meningkat. Meskipun begitu, menawarkan dua layanan tersebut berarti Kamu harus berkompromi dengan menaikkan harga produkmu.

Seperti yang udah disampaikan di atas kalo ada peningkatan 34% dalam pencarian item belanja saat mendekati hari Natal, tapi jangan berarti kegiatan marketing-mu menurun atau bahkan selesai sesaat setelah Natal. Justru banyak orang yang menunggu clearance sales akhir tahun untuk mencari kado atau untuk dirinya sendiri. Kamu bisa memanfaatkan momen itu dengan menjalankan clearance sales campaign dengan tambahan potongan harga atau memberikan free gift.

Pokoknya, jangan lupa untuk terus tingkatkan rank SEO-mu sepanjang momen Natal dan akhir tahun, karena ini adalah momen banyaknya konsumen mencari brand yang mereka inginkan. Tugasmu sebagai digital marketer adalah meningkatkan awareness dan memudahkan calon konsumen menemukan brand-mu di search engine atau e-commerce. Happy shopping everyone!

0 Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *