Lakukan 5 Langkah Ini untuk Mengoptimalkan Digital Marketing-mu!

September 14, 2017 |
Campaign 0 Comment

Dalam periode tertentu, brand mampu menghabiskan waktu dan budget yang nggak sedikit untuk mempromosikan produknya.

Sekarang, lewat digital marketing dan digital advertising yang proses pelaksanaan campaign-nya bisa dilacak dan dirombak, kita bisa mengoptimalkan impact yang didapat, baik itu menjangkau target audiens lebih luas atau meningkatkan engagement.

Saat mengimplementasikan digital advertising campaign, ada beberapa praktik tertentu yang bisa mendatangkan hasil lebih optimal, lho! Mau tau apa aja?

1. Calls-to-Action yang Jelas
Tiap campaign yang sukses, pasti memiliki elemen calls-to-action yang jelas tanpa bertele-tele. Bentuk calls-to-action yang singkat, padat, dan jelas bisa ditemui di poster sebagai body tulisan ataupun opsi pilihan.

Ingin membuat kesan bahwa brand-mu cerdas bukan berarti harus selalu menggunakan diksi dan kalimat yang susah dimengerti. Justru Kamu harus cerdas dalam membuat calls-to-action yang mudah dimengerti oleh audiens. Jangan lupa juga gunakan bahasa yang relevan dengan brand-mu.

2. Pesan yang Menarik
Brand dituntut harus menyajikan pesan yang penting dan efisien dalam tiap materi promonya bila ingin mendapatkan hati audiens. Dalam konteks digital advertising, kadang space yang dimiliki untuk menyampaikan pesan tersebut nggak terlalu banyak, dan audiens terbiasa melihat dan mendengar banyak hal di media sosial dan website. Akibatnya prosentase untuk terdistraksi saat melihat konten dari brand-mu juga lebih tinggi, maka dari itu buatlah pesan yang semenarik mungkin dengan space yang terbatas untuk mempererat hubungan antara brand dengan audiens yang lebih kuat secara emosional agar mereka fokus dan tertarik menggunakan brand-mu.

3. Landing Pages yang Mengesankan
Dimanapun konten iklanmu dipasang, buatlah landing pages yang mengesankan dibaliknya untuk menjaring audiens agar fokus pada campaign-mu. Terkadang banyak audiens yang tertarik dengan konten iklan dan memberanikan diri untuk meng-click iklan tersebut, namun mereka nggak terkesan dengan landing pages yang dibuat seadanya, hingga mereka memutuskan untuk menutup tab iklan.

Kamu nggak mau itu terjadi pada iklanmu, kan?

Dengan membuat landing pages yang mengesankan, audiens akan mendapatkan user-experience lebih baik dan otomatis akan meningkatkan conversion rate.

4. Pentingya Image
Tiap campaign dalam bentuk iklan visual, penggunaan image nggak boleh dianggap remeh. Desainer grafis selain harus memahami pesan yang harus disampaikan dengan tepat, juga harus memahami apa yang user suka dan hindari yang user tidak suka. Percuma saja kan, kalau image yang jadi materi promosimu sudah high-quality, namun user merasa nggak relate dengan apa yang mereka butuhkan?

5. Tes, Pantau, Lalu Tes Kembali
Mungkin Kamu sudah dengar berkali-kali dan sudah bosan dengan istilah tes ulang, tapi untuk terus menguji keefektifan channel marketing yang Kamu gunakan dalam campaign digital, tahapan tes, memantau, lalu tes kembali memang sangat penting.

Tanpa melewati periode monitoring saat campaign, gimana Kamu bisa mengidentifikasi area yang harus difokuskan dan memahami area mana untuk dikembangkan?

Dan juga penting untuk menguji ulang iklan sebelum Kamu mengimplementasikan kedua kalinya. Banyak brand yang menyepelekan hal ini hingga akhirnya campaign-nya nggak berjalan lancar. Dampak lebih parahnya adalah target audiens meleset, hingga mengalami banyak kesalahan yang tak terduga.

Saat berbagai kesalahan terjadi, Kamu nggak hanya mengorbankan budget dan resource iklan, tapi juga memengaruhi user-experience yang sudah Kamu bangun sebelumnya.

Dengan tantangan dan potensi yang terus muncul di dunia digital marketing, brand juga nggak boleh setengah-setengah dalam memasarkan produknya. Bagaimanapun, kalo Kamu nggak mengikuti guidelines untuk menciptakan impact, kemungkinan besar Kamu nggak akan mendapatkan hasil yang sesuai target campaign-mu. Jadi, selalu ingat 5 langkah di atas untuk mengoptimalkan digital marketing-mu, ya!

0 Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *