Kumpulan Hashtag Campaign Terbaik 2017

December 21, 2017 |
Campaign 0 Comment

Sebagai digital marketer, memanfaatkan media sosial untuk menjalankan campaign bisa dalam berbagai bentuk. Dari merilis konten secara rutin, mengadakan activity berhadiah, sampai campaign dengan hashtag untuk meningkatkan awareness.

Hashtag dalam media sosial berfungsi untuk mengelompokkan post/ konten berdasarkan topik. Para marketer yang menggunakan hashtag dalam campaign-nya biasanya memilih kata-kata yang unik, nge-tren, mengandung rima, atau CTA (call to action) yang persuasif.

Di tahun 2017 ini, banyak campaign yang menggunakan hashtag unik dan punya impact yang positif untuk pelanggannya. Yuk kita lihat beberapa hashtag terbaik di tahun 2017.

#BahagiaHakSegalaBangsa (Ramayana)
Ramayana menjalankan campaign #BahagiaHakSegalaBangsa & #KerenHakSegalaBangsa di tahun ini yang mengandung pesan tentang berpenampilan menarik adalah hak semua orang. Dari hashtag itu, mereka menawarkan banyak merek pilihan produk fashion dengan harga terjangkau.

Campaign #BahagiaHakSegalaBangsa yang dilaksanakan saat bulan ramadhan adalah saat yang pas banget untuk ngedapetin banyak awareness. Hasilnya? 2,513 tweet organik dan 6,809 post di Instagram, video iklannya di YouTube ditonton sebanyak 5,8 juta kali. Sedangkan di Facebook menjaring sebanyak 7,7 juta penonton dengan 75 ribu shares dan 170 ribu likes.


#TemanMurni (Bear Brand)
#TemanMurni atau Teman Murni adalah nama campaign yang diawali dengan film pendek yang bercerita tentang kakak-beradik Nia dan Karin yang sangat dekat. Tapi karena satu insiden, hubungan mereka berubah dan nggak sedekat dulu.

Inti dari campaign ini adalah pentingnya mengapresiasi orang-orang yang selalu ada di dekat kita, seperti sahabat, orang tua, atau pasangan. Hasilnya, campaign ini mampu menghasilkan banyak submission tentang inspirasi untuk mengapresiasi orang-orang terdekat.

Di Instagram, #TemanMurni mampu menghasilkan post dengan 8,934 hashtag. Sedangkan di channel YouTube-nya, #TemanMurni mampu menghasilkan 1,7 juta views lewat videonya.

#PemberiHarapanPasti (Tokopedia)
Banyaknya e-commerce di Indonesia mampu meningkatkan daya beli masyarakat. Tapi dengan banyaknya e-commerce yang ada sekarang ini, rasanya agak sulit untuk mencari e-commerce yang benar-benar pas di hati dan mampu dipercaya untuk tiap transaksi.

Tokopedia hadir dengan campaign #PemberiHarapanPasti yang mengedepankan belanja dengan harga transparan, apalagi ditambah dengan promo cashback yang menggiurkan.

Di Twitter, #pemberiharapanpasti mampu menghasilkan 8,8 juta impressions dan 645 ribu reach. Sedangkan di Instagram, #pemberiharapanpasti mampu menghasilkan 19,028 hashtag dan jadi campaign jual beli tersukses saat event HARBOLNAS (Hari belanja Online Nasional) diantara beberapa e-commerce yang ada di Indonesia.

#HidupTanpaBatas (Go-Jek)
#HidupTanpaBatas adalah tema kompetisi video bertajuk #GOVIDEO2017 yang diadakan Go-Jek, dengan tujuan untuk memfasilitasi videografer di Indonesia untuk berkarya dan berkesempatan untuk mendapatkan hadiah ratusan juta rupiah. Para peserta yang ikut men-submit video dengan hashtag #HidupTanpaBatas diharapkan bisa mencerminkan gimana berbagai layanan Go-Jek ngebantu masyarakat Indonesia untuk meningkatkan produktivitas dan menikmati momen penting dalam kehidupan mereka.

Campaign #HidupTanpaBatas juga merilis beberapa video tentang mudahnya melakukan banyak hal dengan layanan dari Go-Jek dan mampu menghasilkan 5,091 post di Instagram, mengumpulkan lebih dari 700 karya video dari berbagai kategori seperti drama, animasi, dokumenter, musik video, dan komedi.

Dari beberapa contoh di atas jelas banget kan kalo fungsi hashtag sebagai salah satu elemen campaign yang nggak bisa dikesampingkan. Saat Kamu berniat memberdayakan hashtag, pastikan hashtag tersebut sesuai dengan brand yang dipromosikan, audiens juga akan bereaksi lho kalo Kamu pake hashtag yang nggak pas dengan representasi brand yang dimaksud. So, be wise to use it guys!

 

0 Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *