Buat Content Strategy-mu Makin Efektif dengan 3 Cara Ini!

December 29, 2017 |
Campaign 0 Comment

Dalam digital marketing, konten berperan penting sebagai pesan dari brand yang akan disampaikan ke pelanggan. Bentuk konten yang bermacam-macam seperti artikel, foto, motion graphic, atau bahkan video, bisa jadi aset yang berharga banget untuk meningkatkan awareness dan engagement.

Kalo selama tahun 2017 ini Kamu berusaha untuk selalu membuat konten yang baik tapi merasa masih kurang dalam segi pencapaian, berikut ini ada beberapa cara untuk membuat content strategy yang efektif untuk brand-mu:

1. Buat Content Mission Statement
Apa sih misi kontenmu di tahun 2018 besok? Setelah tau apa yang ingin Kamu bahas, tentukan kenapa konten yang Kamu rencanakan harus diproduksi. Ingat ya, kata kuncinya adalah kenapa.

Beberapa brand udah sukses mengimplementasikan konten yang sifatnya storytelling. Storytelling bisa membuat kontenmu seolah mengajak audiens untuk berempati dan merasa relate dengan brand. Tapi nggak semua konten harus bersifat storytelling. Pahami dulu apa yang ingin kontenmu tunjukkan.

Kamu sendiri gimana? Apa misi dari kontenmu adalah bercerita dengan storytelling supaya bisa bikin pelanggan lebih dekat? Atau mengedukasi agar pelanggan lebih paham tentang brand-mu? Hal yang harus dipahami dalam menentukan content mission statement bukan gimana cara ngejual brand-mu, tapi apa yang bisa brand-mu tunjukkan lewat konten.

2. Sasar Target Reach yang Tepat
Konten yang Kamu buat bisa jadi nggak bikin impact apapun kalo orang-orang yang disasar emang nggak peduli. Tugasmu adalah cari keterkaitan antara konten dan pelangganmu, yang artinya adalah, Kamu harus mempelajari tentang persona orang yang termasuk dalam kategori pelangganmu.

Menentukan target reach berarti Kamu harus paham siapa pelangganmu, apa yang memotivasi mereka untuk menggunakan brand, dan mengidentifikasi masalah apa yang bisa dipecahkan dengan konten yang Kamu buat. Poin tambahan kalo bisa menentukan channel yang tepat untuk nge-reach mereka, jadi Kamu bisa tau jenis dan format konten yang efektif untuk pelangganmu.

3. Tentukan Ukuran Kesuksesan Konten
Coba deh ingat-ingat lagi ada berapa kali Kamu debat dengan sesama tim konten karena belum atau nggak ada patokan kesuksesan strategi kontenmu. Kalo udah ada target apa aja sih yang jadi ukuran kesuksesan konten, udah pasti tim kontenmu bakalan lebih efektif dalam proses pembuatan konten, monitoring, evaluasi, dan merencanakan strategi konten kedepannya.

Kamu bisa memasukkan berbagai unsur dalam menentukan ukuran seberapa suksesnya strategi kontenmu, diantaranya ada planning, pemetaan audiens, channel yang digunakan, alokasi anggaran, dan strategi keyword. Manfaatkan beberapa poin penting tersebut untuk mengidentifikasi KPI-mu dan content strategy goals-mu. Oh iya, Kamu bisa juga lho memanfaatkan tools seperti HubSpot, SocialBakers, dan Brand24 untuk memudahkan mengukur kesuksesan kontenmu.

Bikin content strategy untuk digital marketing emang butuh effort besar dan waktu yang nggak sebentar karena hal ini penting untuk mengetahui jelas apa-apa aja yang bisa dicapai dari sebuah konten. Coba deh evaluasi, apakah content strategy-mu udah efektif selama tahun 2017 ini?

0 Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *