Belajar dari Ramayana yang Konsisten dengan Pemasaran yang ‘Awet’ buat Konsumer Intinya

December 10, 2017 |
Campaign 0 Comment

Seiring pesatnya perkembangan digital marketing, meningkat pula persaingan usaha ritel konvensional. Salah satu pihak yang melihat kondisi itu sebagai peluang adalah Ramayana.

Meskipun sempat menutup delapan gerai supermarket-nya karena merugi, PT Ramayana Lestari Sentosa Tbk malah membuka empat gerai baru di tahun 2017 ini. Dengan membuka gerai baru, Ramayana berharap bisa tetap menjaga kepercayaan konsumen inti, investor, dan pemegang saham.

Dengan membuka toko offline, bukan berarti Ramayana menghiraukan digital presence-nya. Desember ini bahkan Ramayana Departement Store Hadir di Lazada, salah satu e-commerce terbesar di Indonesia. Langkah ini dimulai dengan hashtag #RamayanadiLazada dan memanfaatkan momentum Hari Belanja Online Nasional (Harbolnas) yang selama ini jadi event belanja online terbesar di Indonesia.

Campaign untuk tetap menjaga kepercayaan konsumen inti Ramayana nggak sebatas gabung di e-commerce dan menambah gerai baru aja. Campaign seperti #KerenHakSegalaBangsa, #RamayanaAwetKerennya, dan #NostalgiaBikinBahagia yang ditujukan supaya masyarakat luas makin mudah ngedapetin produk keren berkualitas, udah terbukti efektif lho. Buktinya, video iklan yang dirilis di YouTube dengan hashtag tersebut mampu menghasilkan jutaan viewers.

#KerenHakSegalaBangsa

#NostalgiaBikinBahagia

Ramayana juga menawarkan banyak promo menarik dan memasarkan toko ritelnya dengan inovatif untuk tetap menjaga kepercayaan konsumennya. Selain campaign digital, Ramayana mengintegrasikan TV show dan online shopping, apalagi mereka menghadirkan event kolaboratif di mal terbaru Ramayana pada tanggal 8 Desember 2017 kemarin bertajuk The First Lazada Experience Store.

Langkah yang diambil Ramayana ini bisa jadi inspirasi bagaimana cara ngejalanin bisnis tanpa harus menutup toko offline. Dengan berinovasi dan berkolaborasi dengan platform digital untuk mendukung strategi marketing-mu.

0 Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *