Social Media Platform Yang Kamu Butuhkan Untuk Berbisnis

February 15, 2016 |
Business 0 Comment

Bisnis secara online memang sangat populer di era digital seperti saat ini karena mampu mencapai audiens yang lebih luas dengan budget yang minim. Namun sudahkah Kamu melakukan segala sesuatunya dengan tepat? Dimulai dari social media platform apa saja yang Kamu butuhkan dan bagaimana Kamu mempromosikan bisnismu di masing-masing platform tersebut. Karena  masing-masing platform membutuhkan treatment yang berbeda. Berikut adalah social media platform yang Anda butuhkan untuk berbisnis beserta treatment yang tepat di masing-masing platform-nya.

  1. Instagram

Hal umum yang akan Kamu temukan dari mulut ke mulut ketika meminta pendapat tentang bisnis online pastilah Instagram yang menjadi jawaban pertama setiap orang. Ya, Instagram memang platform yang tepat untuk berbisnis. Banyak pelaku bisnis yang menggantungkan hidupnya dari social media platform yang satu ini. Namun banyak yang tidak mampu bertahan karena kesalahan yang sangat mendasar; tidak memberikan treatment yang tepat terhadap bisnisnya di Instagram. Instagram merupakan platform tempat berkumpulnya manusia-manusia di seluruh dunia yang mencari keindahan, mencari sebuah eyecandy. Karena itu Kamu harus bisa beradaptasi dengan menyediakan konten-konten bisnismu seindah mungkin untuk menarik audiens. Kamu harus bisa menciptakan sebuah konten bisnis tanpa mengesampingkan nilai seni. Dan terakhir adalah gunakan maksimal 7 hashtag untuk memperluas jangkauan dan hindari spamming melalui kolom komentar. Sediakan budget lebih untuk influencer marketing dan sponsored ads. Untuk lebih lengkapnya silahkan baca artikel ini.

  1. Twitter

Ramainya hashtag #RIPTwitter mungkin membuatmu bertanya-tanya mengapa saya menganjurkan Twitter sebagai social media platform untuk berbisnis. Kamu harus tahu bahwa twitter masih ramai akan pasar yang potensial dan mampu menunjang bisnismu di platform utama yaitu Instagram. Salah satu contohnya adalah kamu bisa meraih banyak followers Instagram baru dari Twitter dan meningkatkan engagement juga awareness terhadap brand milikmu. Bagaimana caranya? Yaitu adakan aktivitas kecil-kecilan membagi-bagikan produk, jasa, atau apapun yang gratis dari bisnismu di Instagram dengan syarat harus follow akun-mu terlebih dahulu, dan menyebarluaskannya di Twitter. Cara menyebarkannya adalah dengan melakukan mention ke akun-akun kuis gratis di Twitter dan tunggu retweet dari mereka. Dalam sekejap audiensmu akan ramai dan followers-mu akan meningkat drastis. Kamu bisa melakukannya secara bertahap untuk me-maintain pertumbuhan followers, engagement, dan brand awareness.

  1. Facebook

Masihkah Kamu membutuhkan Facebook untuk berbisnis padahal Kamu sendiri saja sudah jarang menggunakan Facebook? Jawabannya adalah tentu saja! Karena 74% dari orang dewasa yang menggunakan internet, semuanya berinteraksi lewat Facebook. Dan angkanya naik menjadi 89% apabila kita berbicara tentang orang dewasa yang menggunakan internet dan memiliki pendapatan berlebih di dompetnya. Jadi sudah jelaskan mengapa Kamu harus menggunakan Facebook untuk bisnismu? Tetapi jangan lupa untuk menggunakan Facebook For Business dan mempromosikan bisnismu lewat boost post atau page post engagement karena Kamu tidak bisa mengandalkan organic reach saja di Facebook sekalipun fansmu sudah mencapai puluhan ribu. Baca regulasi beriklan di Facebook dengan seksama terlebih dahulu sebelum melakukan boost post karena akan mempengaruhi angka reach konten-mu nanti. Facebook juga melarang konten dengan teks lebih dari porsi 30% pada gambar.

Itulah social media platform yang menurut saya paling penting digunakan untuk berbisnis. Ada yang ingin menambahkan?

0 Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *