Nggak Cuma Ide Keren, Mengembangkan Bisnis Juga Butuh Data

August 22, 2017 |
Business 0 Comment

Bisnis kecil, menengah, maupun kelas atas, tentunya tidak bisa lepas dari riset pasar untuk menentukan strategi pemasaran yang efektif dan efisien. Hal yang paling dibutuhkan dalam riset? Tentu saja data!

Era digital memudahkan entrepreneur muda dalam menjangkau pelanggan, mereka dapat menjabarkan data yang didapat dan mengetahui perilaku para pelanggannya. Salah satu contohnya di Tech in Asia yang menggunakan data untuk memberikan pengalaman pengguna dalam menghadiri seluruh konferensi, apps, dan mendapat konten mereka. Tidak lupa juga berkat data engineers yang membagi dengan tepat bagaimana seharusnya perusahaan membangun infrastruktur data.

Terlalu banyak istilah yang susah dimengerti? Jangan khawatir! Mulailah dari mengukur, lalu menganalisa cara yang lebih baik untuk melibatkan pelanggan dalam strategi pemasaran brand-mu. Berikut ini ada beberapa jenis data yang harus Kamu utamakan:

 

1. Identifikasi target market.
Promosi memang membantumu mencapai target pasar, tapi Kamu harus tau dulu siapa mereka yang Kamu tentukan sebagai target. Kumpulkan informasi demografi, segmen pasar, dan kebutuhan mereka, dan jangan lupa gunakan riset untuk memperjelas kira-kira media apa yang terbaik untuk promosi produk brand-mu, media cetak? online? atau yang lain?

2. Riset produk/ brand yang serupa.
Khawatir dengan kompetitor saat menjual layanan atau produk yang Kamu punya? Riset terlebih dahulu segala hal yang belum Kamu tahu tentang kompetitormu, karena penting bagimu untuk tahu apa yang benar-benar mereka pasarkan atau tawarkan. Dari situ, Kamu bisa memperbaiki produk atau layanan berdasarkan temuan apa yang benar-benar diinginkan pelanggan. Tapi jangan hanya fokus dengan riset kompetitor ya, Kamu juga harus tetap fokus dengan fungsi dan penampilan produk, serta layanan pelanggan.

3. Identifikasi placement terbaik untuk menjangkau pelanggan.
Pernah melihat iklan produk yang Kamu rasa tidak pada tempatnya? Seperti “Kok iklan startup digital ada di koran, sih?”
Nah, hal-hal semacam itu bisa dihindari kalau Kamu bisa mengidentifikasi pelanggan dan behaviour-nya.

 

Beberapa informasi dan tips di atas bisa membantumu menghindari hal-hal yang tidak menyenangkan saat memulai dan mengembangkan bisnis. Mengumpulkan data dengan riset pasar yang teratur dan komprehensif akan memastikan bisnismu berjalan mengikuti tren pasar, pergeseran demografi, dan perubahan ekonomi. Semoga kedepannya bisnismu bisa tumbuh, berkembang, dan dapat profit yang meningkat! Good luck!

0 Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *