Manfaatkan Social Media Listening & Social Media Monitoring untuk Membangun Reputasi Brand, Yuk!

August 24, 2017 |
Business 0 Comment

Ada dua jenis aktivitas memantau di media sosial, yaitu social listening dan social monitoring.

Apa yang membedakan antara social media listening dan social media monitoring? Seberapa penting-kah? Apa kegiatan memantau media sosial tersebut bisa menjaga hubungan baik antara brand dan pelanggan?

 

Beda antara social media listening dan social media monitoring.
Monitoring brand di media sosial berarti Kamu melacak langsung nama brand yang ada, agar Kamu bisa langsung meresponnya.

Sedangkan social media listening mengambil langkah lebih dalam dengan memperluas cakupan pelanggan, kompetitor, dan target pelangganmu.

Bisnis apapun perlu mendengarkan tanggapan pelanggan bila ingin terus berkembang, dan mendengarkan tanggapan jujur dari pelanggan mampu mengkomunikasikan berbagai hal mengenai:

1. Apa yang pelanggan pikir tentang customer service brand Kamu.

2. Seberapa suka pelanggan terhadap produkmu.

3. Seberapa berguna produkmu.

4. Rekomendasi pelanggan saat ada pertanyaan atau survei tentang produk berlangsung.

 

Bingung memulai dari mana langkah social listening dan monitoring? Awali dengan mencari langsung keyword brand, branded hashtag yang digunakan, dan hashtag lain yang sejenis yang digunakan kompetitor, lanjutkan dengan memantau influencers yang memiliki target pelanggan yang mirip dengan brand atau bahkan kompetitor.

Pada umumnya opini yang ada di media sosial langsung ditulis oleh pelanggan yang berinteraksi dengan konten brand di media sosial brand. Pokoknya, selalu ingat bahwa feedback mampu memberikan solusi untuk brand yang Kamu miliki untuk terus berkembang!

Menjadi proaktif untuk menjalin hubungan baik dengan pelanggan memang penting banget, apalagi sekarang gampang dengan akses media sosial. Jadilah bagian diantara obrolan pelanggan dan jangan lewatkan kesempatan untuk membangun reputasi brand yang bagus di media sosial!

0 Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *