Kisah Sukses Lima Pendiri Perusahaan Besar Dunia

March 4, 2015 |
Business 0 Comment

Kegagalan pasti pernah dialami semua orang, tanpa terkecuali. Tak pernah ada keberhasilan tanpa usaha keras dan ketekunan untuk dapat bangkit lagi setelah mengalami kegagalan.

Orang-orang yang menemukan kesuksesan sesungguhnya adalah mereka yang bertahan dan mampu bangkit dari kegagalan, karena keyakinan mereka bahwa kegagalan adalah pembelajaran, bukan jalan buntu.

Lima pendiri perusahaan besar ini juga pernah mengalami kegagalan, sebelum akhirnya sukses menjadi buah dari kerja keras mereka.

jackma

Jack Ma (Pendiri Alibaba)

Berasal dari keluarga miskin yang tinggal di wilayah padat penduduk di China, Ma meyakini bahwa satu-satunya jalan untuk bertahan hidup adalah melalui pendidikan. Setelah dua kali gagal dalam ujian masuk, Ma akhirnya mampu menyelesaikan pendidikannya hingga tingkat Universitas.

Ma mendapatkan pekerjaan pertama sebagai guru bahasa Inggris, itupun setelah belasan kali lamarannya ditolak. Didorong oleh rasa ingin tahu yang kuat, Ma memutuskan untuk mendirikan bisnis, namun dua kali berturut-turut bisnisnya gagal.

Pada bisnis ketiga, Ma meyakinkan 17 orang temannya untuk berinvestasi pada Alibaba, perusahaan bidang e-commerce yang akan ia dirikan.

Hasilnya, setelah dibangun dari nol, sukses pun datang. Alibaba mampu menjadi perusahaan e-commerce terbesar di dunia, hingga membawa Jack Ma menjadi orang paling kaya di seantero China.

billgates

Bill Gates (Pendiri Microsoft)

Lahir pada 28 Oktober 1955, Gates menjalani hidupnya sama seperti anak-anak lainnya. Namun dimata kedua orangtuanya, Gates adalah seorang anak yang kritis dan gemar membaca.

Pada masa SMA, Gates mempunyai ide untuk dapat meningkatkan kemampuan chip komputer sehingga komputer dapat digunakan oleh setiap orang di rumah mereka, sebuah ide yang mendapatkan banyak cibiran pada saat itu.

Gates kemudian membuat sebuah bisnis yang bernama Traf-O-Data, namun karena tidak didukung dengan strategi bisnis yang baik, bisnis ini tidak berlangsung lama hingga akhirnya ditutup.

Kegagalan yang dialami, tidak menyurutkan Gates dalam mewujudkan idenya. Ia kemudian masuk Universitas Harvard, mengambil jurusan matematika dan ilmu komputer. Hanya bertahan 2 tahun, Gates memutuskan untuk keluar dan mendirikan Microsoft.

Inilah yang membawa Gates pada pintu kesuksesan, Microsoft yang ia dirikan merilis Windows pada tahun 1985 dan hanya dalam waktu 2 tahun, Gates menjadi milyuner dengan status sebagai pengusaha terkaya di Amerika Serikat!

stevejob

Steve Jobs (Pendiri Apple)

Ketertarikannya pada dunia komputer membuat Jobs menekuninya sebagai jalan hidup. Karir Karier Jobs diawali dengan menjadi desainer game di Atari, hingga kemudian membangun Apple bersama rekannya, Steve Wozniack.

Hasil penjualan Apple generasi pertama menjadi penunjang perkembangan Apple untuk dapat mengembangkan Apple generasi II yang mampu menghasilkan keuntungan sebesar $3 juta pada tahun pertama. Dua tahun kemudian, penjualan melonjak sebesar $200juta!

Namun, perselisihan internal membuat Jobs harus meninggalkan Apple karena dipecat. Ia pun memilih untuk mendirikan NeXT Computer Co.

Inovasi lagi-lagi menjadi kelebihan yang dimiliki Jobs. NeXT Computer yang ia bangun berhasil memproduksi komputer dengan kemampuan memproses data pada kecepatan tinggi, didukung tingkat grafik yang sangat baik, dan adanya optical disc drive.

Setelah sukses dalam menciptakan hardware, Jobs mengalihkan fokusnya pada software. Sukses pun kembali diraih saat Jobs bersama Pixar mampu menciptakan animasi Toy Story pada tahun 1995.

Itu semua belum menggambarkan sukses seorang Steve Jobs, karena sekembalinya ke Apple pada tahun 1997, Jobs mampu menciptakan beberapa gadget yang menjadi fenomena hingga saat ini, yaitu iPhone, iPod, dan Macbook.

hershey

Milton Hersey (Pendiri The Hersey Company)

Adakah yang tak mengenal cokelat Hersey? Jika ada, sayang sekali, karena itu artinya Anda melewatkan sebuah pengalaman menikmati cokelat yang sangat enak dan menjadi perbincangan dunia.

Dalam membangun bisnis cokelatnya, Hersey tidak melakukannya dengan mengandalkan kemujuran semata, karena semua dilalui dengan sikap pantang menyerah. Tiga kali membangun bisnis sebagai produsen cokelat, Hersey harus rela menyaksikan bisnisnya tersebut gagal.

Namun kecintaan pada cokelat dan mimpinya agar cokelat yang ia ciptakan dapat dinikmati orang banyak, membuat Hersey terus mencoba resep yang tepat bagi cokelatnya.

Usaha yang dilakukan membuahkan hasil, hingga akhirnya cokelat Hershey mampu didistribusikan ke seluruh dunia dan The Hersey Company mampu menjadi perusahaan berharga $1 juta pada tahun 1990! Sebuah angka yang fantastis untuk saat itu.

walt

Walt Disney (Pendiri The Walt Disney Company)

Perjalanan hidup Disney akrab dengan kegagalan, berulang kali ia mencoba menemukan bakat yang dapat membawanya pada kesuksesan.

Awalnya Disney ingin menjadi tentara, namun usianya yang terlampau muda menjadi penghalang. Disney juga bercita-cita menjadi aktor Hollywood, namun kembali gagal. Sampai akhirnya ia mendapatkan pekerjaan sebagai penulis di koran, namun dipecat karena dianggap malas dan miskin ide.

Tapi itu semua tak membuatnya menyerah. Disney mulai membangun bisnis dengan membuat animasi yang dipublikasikan melalui perusahaan yang bernama Laugh-O-Gram. Sukses belum juga diraih, perusahaan tersebut harus ditutup karena adanya masalah dengan distributor.

Kembali bangkit, Disney kemudian membangun bisnis perfilman melalui perusahaannya The Walt Disney Company, yang melahirkan banyak animasi terkenal, seperti Mickey Mouse, Snow White and Seven Dwarfs, bahkan Frozen hingga membawanya menjadi salah satu perusahaan multimedia terbesar di dunia saat ini.

Lima kisah sukses diatas memberikan sebuah pelajaran tentang bagaimana kesuksesan tak diraih secara instan dan mudah. Kesuksesan diraih dengan ketekunan, kesabaran, sikap pantang menyerah, dan kemauan untuk bangkit dari kegagalan.

Bukanlah kegagalan yang menjadi akhir dari segalanya, tapi keengganan untuk bangkit dan kembali mencoba yang menjadi akhir dari segalanya.

0 Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *