Kerja Sambil Bertualang? Jadi Digital Nomad Aja!

September 2, 2017 |
Business 0 Comment

Istilah digital nomad jadi populer dalam beberapa tahun terakhir. Tren ini cukup mencuri perhatian karyawan kantoran yang juga memiliki keinginan untuk bekerja dimana saja.

Digital nomad sendiri berarti bekerja dengan mengandalkan koneksi internet untuk bertahan secara finansial dalam kehidupan nomaden modern. Tren yang relatif populer di kalangan netizen ini memungkinkanmu untuk independen dalam menentukan lokasi kerja, dan terus mobile antara satu kota dengan kota lainnya sambil bekerja secara remote.

Siapapun bisa menjadi digital nomad, modalnya pun terhitung sedikit, dengan laptop, modem, ponsel, internet, dan tentunya skill tertentu, Kamu sudah bisa berkeliling dunia dan bekerja. Biasanya, pelaku digital nomad adalah fotografer, ilustrator, programmer, konsultan, penulis, dan sebagainya.

Peluang untuk bekerja sambil bertualang, tentunya dibarengi dengan tantangan dalam bentuk pendapatan yang tidak stabil. Tunjangan yang biasa didapat kalo Kamu ngantor juga nggak bisa lagi kamu dapetin. Besar atau kecilnya pendapatan, ditentukan dari seberapa mampu Kamu menjual kualitasmu.

Ingin menjadi digital nomad? Yuk, perhatikan hal-hal berikut!

 

1. Kenali Potensi Terbesarmu
Kamu merasa memiliki skill ilustrasi? Fotografi? Atau skill tertentu lainnya? Asah terus kemampuan tersebut karena akan menjadi bekalmu sebelum memutuskan menjadi seorang digital nomad.

2. Terbiasa Dengan Deadline
Coba biasakan untuk menyelesaikan tiap pekerjaanmu sebelum deadline. Rencanakan tiap hal dan pastikan schedule yang Kamu punya tidak membuat keteteran dalam mengerjakan hal lainnya, karena sebagai seorang digital nomad, Kamulah yang menentukan dan bertanggung jawab pada jam kerjamu sendiri.

3. Koneksi Internet
Yaa, namanya juga digital nomad, pastinya butuh koneksi internet yang lumayan kencang dan bisa diandalkan tiap saat. Bayangkan kalau Kamu harus berkomunikasi dengan klien dan di daerah tempatmu tinggal tidak ada koneksi internet yang memadai, pasti klien tidak akan mempercayakan pekerjaannya lagi padamu. Nah, lho!

 

Hidup sebagai digital nomad memang seru dan menyenangkan karena memungkinkanmu untuk bertualang sambil membangun masa depan. Aspek yang dialami tiap digital nomad-pun berbeda-beda, dari banyaknya frekuensi perjalanan, lamanya tinggal di suatu tempat, berbagai aktivitas yang dikerjakan, rutinitas keseharian, maupun preferensi lokasi. Tiap pekerjaan yang dilakukan saat perjalanan bisa membuka kesempatanmu untuk memperluas jaringan, skill, dan pemahamanmu tentang masyarakat luas karena selalu bertemu dengan orang-orang yang baru. Buatmu yang ingin mencoba, jangan ragu ya!

0 Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *