Fintech di Indonesia, Benefit dan Dampaknya

August 25, 2017 |
Business 0 Comment

Urusan uang memang kadang bikin kita pusing, apalagi mengatur pengeluaran rutin, melunasi pinjaman, bahkan sampai mengatur biaya tak terduga. Tapi beberapa tahun terakhir kita dimudahkan dengan munculnya inovasi teknologi di bidang keuangan dalam bentuk FinTech (Financial technology).

FinTech adalah inovasi teknologi menggunakan software untuk menyediakan layanan finansial yang lebih efisien, contohnya rekening ponsel, e-banking, dan mobile banking.

Terhitung sejak tahun 2007 lalu hingga kini, pengguna FinTech terus meroket dari 7% hingga 78%. Apalagi demi menyediakan partner bisnis yang terpercaya dan dapat diandalkan, Asosiasi FinTech Indonesia (AFI) didirikan September 2015 lalu.

Prediksi penggunaan FinTech akan terus berkembang memang sudah terbukti. Peluangnya? Jangan ditanya, FinTech sudah masuk ke beberapa model bisnis seperti e-commerce, hotel booking, pariwisata, asuransi, dan banyak lagi. Yang jelas, FinTech dapat diaplikasikan pada bisnis yang membutuhkan pelayanan electronic money, virtual account, agregator, lending, dan crowdfunding.

Dari sisi peluang, munculnya FinTech akan menyebabkan perbankan melakukan digitalisasi dan otomatisasi yang mampu memangkas biaya perbankan sekitar 30%. Fantastis!

 

FinTech memang sangat populer di Indonesia, beberapa alasannya adalah:

1. FinTech memudahkan transaksi keuangan secara online.

2. Banyaknya pengguna internet dan smartphone yang tidak bisa dipungkiri.

3. Usaha FinTech dianggap lebih fleksibel dibandingkan bisnis konvensional yang memiliki imej lebih kaku.

 

Namun, munculnya teknologi baru tentunya bisa menimbulkan ancaman juga. FinTech dianggap sebagai ancaman bagi bisnis perbankan karena bisa memangkas margin sekitar 16% dari dampak digitalisasi.

Sebenarnya bank nggak usah merasa terancam dengan hadirnya FinTech, bahkan bank bisa berkolaborasi untuk melebarkan jaringan layanannya.

Bayangin deh kalau masyarakat Indonesia dimudahkan dalam pengelolaan keuangan dan kegiatan finansial lainnya, dijamin perekonomian Indonesia bakal lebih maju.

0 Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *