Catatan Untuk Leader

April 9, 2017 |
Business 0 Comment

Jack Ma, pendiri Alibaba, pernah bilang, “Kalau mau hidup kamu lebih mudah dijalani, jangan menjadi leader

Menjadi leader bukanlah pekerjaan gampang. Leader, khususnya di suatu perusahaan, bukanlah orang yang pekerjaannya bisa selesai dilakukan dalam jam kerja 9 pagi sampai 6 sore. Leader dituntut untuk siap setiap saat 1×24 jam atas semua masalah yang terjadi di perusahaan. Kemampuan pengambilan keputusan yang cepat dan tepat sesuai dengan tujuan perusahaan sangat diperlukan jika seseorang adalah leader. Maka tidak heran pengalaman akan sangat menentukan seberapa cakap seseorang menjadi seorang leader.

Leader harus bisa mengemukakan visi dan misi perusahaan dengan jelas agar semua orang yang berada di perusahaan tersebut mengerti tujuan perusahaan dan bagaimana mereka harus beradaptasi menyesuaikan ritme dan tujuan kerja sesuai visi misi perusahaan.

Dalam hubungan dengan rekan kerja, leader harus piawai untuk mengeluarkan kemampuan terbaik dari rekan kerjanya. Fase ini adalah fase paling kritikal dalam hubungan pekerjaan leader dan rekan kerja karena setiap leader pasti memiliki caranya masing-masing dan bukan tidak mungkin ada cara seorang leader yang luput ditangkap maksudnya oleh rekan kerja sehingga pekerjaan tidak berjalan dengan baik. Dalam hal ini, kemampuan komunikasi dan kemampuan mencari solusi adalah hal yang harus dimiliki oleh leader.

Menjadi leader tidak akan pernah mudah dijalani. Oleh karenanya hanya sedikit orang yang menjadi leader di dunia ini. Baik dia sebagai leader perusahaan kecil atau perusahaan besar masalah yang menghampiri bisa dibilang sama meskipun skalanya berbeda. Kesempatan menjadi leader adalah kesempatan seseorang untuk bisa bertumbuh kembang dalam hidup untuk menjadi lebih baik. Oleh karenanya jangan sia-siakan kesempatan yang datang jika suatu saat kamu menjadi seorang leader karena itu berarti ada orang yang percaya dengan kemampuan dan kesiapan yang kamu miliki.

0 Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *