Belum Pakai Fitur Terbaru Instagram untuk Pemasaran? Kenalan dengan 5 Fitur Ini

July 26, 2017 |
Business 0 Comment

Sosial media selalu jadi medium yang baik untuk sharing dan mencari informasi. Dengan tujuan ini, brand juga berlomba-lomba memanfaatkan sosial media. Brand punya akun Instagram? Harus banget sih dilakukan. Bukan hanya untuk kredibilitas, tapi juga intuk pemasaran.

Kabar baiknya, kini Instagram semakin brand-friendly, dengan banyak fitur yang bisa dimanfaatkan oleh para marketer. Kelima fitur baru ini contohnya.

  1. Live Video Replay

Live video atau live story adalah salah satu fitur Instagram yang paling sayang jika tidak dimanfaatkan oleh brand. Apabila ada event, produk terbaru, atau pun campaign, live story ini berguna untuk menyampaikan real time message kepada audience dengan batasan waktu yang jauh lebih lama ketimbang story biasa, yaitu 1 jam. Hanya ada satu kekurangan fitur ini: apabila audience ketinggalan broadcast, maka tidak ada cara baginya untuk menonton ulang live story tersebut.

Tapi itu dulu! Karena sekarang sudah ada fitur replay untuk live video. Setelah selesai broadcast, yang harus Anda lakukan cukup mengklik tombol “share”, dan live story Anda akan muncul layaknya story biasa, selama 24 jam. Bagi brand, fitur ini amat berguna untuk meningkatkan engagement dan memperluas kesempatan penyebaran pesan.

  1. Comment Filter.

Fitur yang satu ini adalah berita baik buat user dan para selebritas, sementara untuk brand adalah mimpi buruk…? Eits, bisa jadi tidak! Kata siapa brand tidak mendapat spam? Atau bahkan komentar dengan kata-kata tidak senonoh yang menurunkan kredibilitas brand itu? Dengan adanya fitur filter manual, alias pengguna bisa memasukan kata-kata yang ingin difilter, Anda tidak perlu khawatir lagi dengan komentr-komentar yang mungkin tidak sejalan dengan brand Anda. Hey, bahkan filter ini masih berlaku dalam live story. Very useful!

  1. Story’s Hashtag

Location tag sudah lama ada dan fitur itu membantu banget. Informasi yang audience dapat lebih menyeluruh dengan adanya fitur tersebut. Jadi ketika Instagram menghadirkan hashtag di dalam story, sambutannya tentu saja baik. Sebagai brand, fitur ini dapat membuat semua pesan dan campaign Anda dalam platform Instagram tersampaikan lewat berbagai media yang ada di media sosial ini.

  1. Story’s Link

Fitur ini sih tidak usah dipertanyakan lagi kegunaannya untuk brand. Hal yang selama ini menjadi kekurangan Instagram, dijawab sudah lewat fitur ini.

Selama ini, Instagram tidak memiliki fitur direct link dalam sebuah post. Penempatan link ke website hanya ada pada profile dan pastinya itu enggak mencukupi kebutuhan traffic website. Dengan adanya fitur terbaru yaitu penempatan direct link dalam story, hal ini bukan lagi menjadi masalah.

Sebagai pemilik Instagram bisnis-dan hanya Instagram business account yang dapat menggunakan fitur ini, Anda tinggal mencari tombol hyperlink saat mengedit story Anda, masukkan spesifik link yang Anda mau, dan audience bisa swipe up story Anda, langsung menuju laman tujuan.

  1. Sponsored Post
instagrampaidpartnershipwithpost

Kini, influencer dapat ‘mengaku’ kepada followersnya apabila Ia menyebarkan sponsored post. Pada bagian atas post, di bawah username yang biasanya merupakan tag lokasi, kini bisa ada tulisan “paid partnership with (brand name)”. Fitur ini memang masih percobaan, hanya beberapa brand besar yang bisa mencoba fitur ini. Kalau semua brand sudah bisa memanfaatkan fitur ini, tentunya pemasaran influencer bisa berubah ke arah yang lebih jelas.

0 Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *