4 Tanda yang Menunjukkan Bahwa Bisnis Kamu Butuh Digital Agency

September 7, 2017 |
Business 0 Comment

Kamu punya startup baru, coffee shop, outlet, workshop, atau jenis usaha lain dan ingin menjangkau target market yang lebih luas? Memaksimalkan potensi branding di dunia digital adalah salah satu solusinya. Apa manfaatnya? Kamu bisa menjangkau target market yang lebih luas, dan dapat meningkatkan awareness tentang brand-mu secara efektif dan efisien.

Beberapa UKM, startup, maupun perusahaan yang sudah establish memang sudah melakukan branding di dunia digital, meskipun dilakukan secara in-house. Munculnya berbagai platform media sosial, e-commerce, dan teknologi digital lainnya membuat banyak brand atau startup dituntut untuk bisa beradaptasi terutama saat melakukan branding, dan terkadang hal ini menjadi sebuah kesulitan tersendiri bagi brand.

Dengan expertise di dunia digital, digital agency hadir untuk memudahkan brand melakukan branding, terlebih lagi brand-brand yang baru muncul di pasaran. Sebagai seorang pemilik brand atau yang sedang merintis startup dan masih ragu menggunakan jasa digital agency, berikut ada berbagai poin yang bisa Kamu pertimbangkan:

1. Sulitnya Mengikuti Tren
Merasa bisa memahami digital marketing hanya dari melihat satu video di YouTube atau membaca satu artikel di Medium yang membahas mudahnya digital marketing? Meskipun banyak insight yang bisa diambil, namun mempelajari dan mempraktikkan digital marketing sendiri sangatlah berisiko. Apa yang tidak Kamu tahu adalah proses yang harus dilalui dan perubahan yang bisa tiba-tiba muncul pada proses branding yang disebabkan karena perubahan tren yang sangat cepat. Di sinilah peran seorang digital strategist dalam digital agency diperlukan. Harus selalu up to date tentang apa yang sedang tren di media sosial, dan bisa beradaptasi untuk menghasilkan strategi branding yang tepat udah jadi main job-nya digital strategist.

2. Pertimbangan Risiko
Sebuah brand yang sudah sangat dikenal banyak orang bisa saja mengalami PR Nightmare karena salah langkah dalam melakukan branding di dunia digital. Saat Kamu menjalankan digital marketing-mu sendiri, Kamu tidak sepenuhnya memahami apa yang bisa, harus, dan jangan dilakukan. Jangan ambil risiko untuk membuang-buang resource. Digital agency tentunya berpengalaman dengan berbagai hal yang dapat dilakukan dalam mempromosikan brand dan menghindari banyak hal yang berisiko.

3. Unfocused
Mungkin Kamu ingin brand-mu terkenal dengan banyak fitur, harga yang terjangkau, atau aksesnya yang mudah, tapi bila semuanya dipromosikan secara bersamaan, value-nya terkadang akan berkurang. Dengan bantuan digital agency, Kamu akan dibantu untuk bisa fokus pada tiap point of interest secara bertahap. Percayakan digital agency untuk melakukan branding di dunia digital, sementara Kamu bisa fokus pada task lain tanpa mengurangi brand value.

4. Sulitnya Beradaptasi
Mencapai kesuksesan di dunia digital bukan hanya tentang bagaimana melakukan hal yang sama secara terus-menerus atau menuju goals, tapi juga tahu kapan harus berhenti atau mengubah strategi. Digital agency sudah dibekali dengan kemampuan memahami perubahan yang ada dan mampu cepat beradaptasi dengan metode baru dalam melakukan branding. Kemampuan itu bisa membuatmu menghemat resource dan waktu.

5. Budget Ketat
Budget memang hal yang paling sensitif dalam pengambilan keputusan untuk menggunakan jasa digital agency, namun budget yang brand keluarkan tergolong masih reasonable. Bayangkan bila kamu harus membentuk tim in-house dan melakukan riset tiap kali ada tren digital yang muncul, pasti akan menghabiskan banyak dana dan merusak timeline kerja tim. Di digital agency, sudah ada tim yang berdedikasi sesuai expertise-nya dan siap membantumu mencapai potensi maksimal dalam menjangkau target market. Jadi bisa berhemat, kan?

Nah, semoga dari 4 poin di atas bisa membuatmu paham tentang peluang yang akan terbuka lebar apabila menggunakan digital agency sebagai partner marketing-mu.

0 Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *