4 Orang yang Harus Kamu Punya di Tim Digital Marketing

September 9, 2017 |
Business 0 Comment

Peluang menjadi seorang digital marketers semakin terbuka lebar seiring berkembanganya platform digital untuk mengiklan. Kamu bisa saja menggebu-gebu untuk membangun karirmu di dunia digital marketing, tapi sebelum mengeksekusi plan, kenali dulu posisi apa yang harus ada dalam tim agar semua job desc untuk mencapai goals tercapai tanpa terkendala minimnya anggota tim.

Dari beberapa posisi yang ada di ranah digital marketing, 4 orang ini nih yang harus banget ada di tim digital marketing-mu!

1. Copywriter atau Content Writer
Banyak banget lho, digital marketer yang memutuskan untuk tidak mencari penulis dan memilih terjun langsung merangkap menjadi seorang copywriter atau content writer karena alasan bisa menulis atau pertimbangan menghemat budget. Bagi tim atau perusahaan mungkin merasa diuntungkan karena tidak perlu membayar copywriter atau content writer, tapi itu bisa berimbas pada impact yang didapat.

Menulis tidaklah semudah membuat judul yang clickbait, kontroversial, atau menambahkan call to action di akhir kalimat. Butuh pesan yang kuat dari brand untuk disampaikan ke audiens, dan menulis pesan dengan jelas, singkat, dan tidak bertele-tele bukanlah expertise yang bisa dimiliki banyak orang. Percaya deh, menulis dengan bagus itu susah dan butuh waktu. Kamu ngga mau kan membuang-buang waktu hanya untuk berhemat, dan menjalankan digital campaign dengan risiko?

Makanya, copywriter atau content writer adalah salah satu posisi penting yang harus ada di tim digital marketing-mu!

2. Social Media Specialist
Siapa sih yang nggak punya account media sosial? Facebook, Instagram, Twitter, LinkedIn, minimal pasti Kamu punya salah satunya. Bahkan Facebook punya 115 juta pengguna di Indonesia, lho! Dengan kencangnya penggunaan media sosial, sudah pasti Kamu butuh seorang social media specialist untuk mengetahui seluk beluk media sosial yang dapat dimanfaatkan sebagai digital marketing platform yang potensial.

3. Digital Marketing Assistant
Salah satu alasan terjadinya kegagalan di digital marketing campaign adalah karena kurangnya waktu dan timeline yang berantakan. Bayangin nih ya, Kamu udah punya plan yang keren, semua resource udah siap tapi waktunya ngga sesuai, pasti kesel banget kan kalau plan-mu nggak jadi tereksekusi? Makanya Kamu butuh digital marketing assistant di tim, karena posisi itu bisa ngebantu banyak, mulai membuat content calendars, scheduling social media posts, hingga mengomunikasikan plan dengan anggota tim lain.

4. Video Production Professional
Video adalah salah satu bentuk iklan online yang efektif, dan 93% digital marketers telah mengimplementasikannya. Kini saatnya Kamu untuk lebih memanfaatkan aspek ini dalam strategi digital marketing-mu. Tapi tentunya ada sedikit masalah jika Kamu nggak punya seorang specialist yang menanganinya.

Dengan meng-hire video production professional, Kamu nggak perlu khawatir dengan isu teknis seperti lighting, camera equipment, atau detil lainnya yang memengaruhi pembuatan video iklan karena tiap brand tentu memiliki konsep iklan dan treatment yang berbeda-beda. Dijamin deh kalau ada production professional dalam tim, prosesnya akan lebih mudah.

So, gimana dengan tim digital marketing-mu? Kira-kira posisi apa lagi yang bisa ditambahkan? Pastikan lakukan analisis kebutuhan terlebih dahulu sebelum Kamu meng-hire mereka, ya!

0 Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *