4 Cara Untuk Menjadi Lebih Efektif Dalam Menyelesaikan Pekerjaan

March 29, 2016 |
Business 0 Comment

Seringkali dalam beberapa kondisi, waktu adalah musuh terbesar bagi hampir seluruh umat manusia, terutama pekerja yang selalu dikejar waktu bernama deadline. Kesibukan seorang pekerja merupakan sebuah hal yang tidak bisa dihindari, dan kesibukan ini sering menjadi penyebab dari deadline yang tidak terpenuhi. Bagaimana cara mengatasinya? Berikut adalah 4 cara untuk menjadi lebih efektif dalam menyelesaikan pekerjaan.

  1. Mengetahui prioritasmu

Untuk dapat menyelesaikan pekerjaan dengan efektif ditengah kesibukan pekerjaan lain, kamu harus mengetahui prioritasmu. Kamu harus benar-benar paham yang mana yang paling penting dan yang mana yang harus diselesaikan duluan. Setelah paham, kamu harus membuat timeline pekerjaan yang sesuai dengan deadline yang diberikan.

  1. Fokus, jangan mudah terdistraksi

Salah satu kunci penting untuk menyelesaikan pekerjaanmu dengan tepat waktu adalah fokus. Kamu harus fokus untuk mengerjakan pekerjaanmu dan jangan biarkan apapun mengalihkan perhatianmu. Gunakan waktu semaksimal mungkin, istirahatlah sepuasnya pada jam istirahat agar waktu bekerjamu tidak terganggu. Jangan terlalu banyak mengambil break seperti merokok, makan, dan lain-lain di luar jam kerja karena hal itu akan memperlambat proses kerjamu.

  1. Cukup tidur

Kita tidak akan fokus, penuh energi, dan semangat jika kita kurang tidur. Oleh karena itu wajib hukumnya bagi pekerja untuk memenuhi kuota tidur 8 jam sehari untuk menunjang kegiatannya di hari-hari berikutnya. Sesibuk apapun kamu, jangan sampai kurang tidur atau istirahat. Karena hal tersebut dapat mempengaruhi kinerjamu di hari – hari berikutnya.

  1. Disiplin

Efektivitas tidak akan bisa kamu capai kalau kamu tidak disiplin. Setelah mengetahui prioritasmu, kamu harus disiplin dalam menyelesaikan pekerjaan sesuai dengan timeline yang telah kamu buat. Kamu harus disiplin terhadap dirimu sendiri, komitmen terhadap janji yang kamu buat seperti fokus, batas waktu, dan bahkan tidur yang cukup. Karena kita seringkali menyepelekan tidur dan malah lanjut begadang di malam ketika kita seharusnya tidur. Biasanya karena masih erat bermain smartphone atau menonton tv. Kamu harus disiplin dan tegas terhadap diri sendiri untuk menjalani peraturan yang telah kamu buat, dengan begitu pekerjaan yang banyak dan sulit akan terasa lebih nyaman untuk diselesaikan.

Ada yang ingin menambahkan tipsnya? 🙂

0 Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *