3 Tips Menciptakan Tempat Kerja Yang Dicintai Oleh Semua Rekan Kerja

January 6, 2016 |
Business 0 Comment

Menjalankan sebuah usaha pasti tidak bisa dikerjakan sendirian, butuh rekan kerja untuk membantu Anda menyelesaikan pekerjaan-pekerjaan Anda. Mengutip Richard Branson: “Kebahagiaan adalah resep rahasia untuk menjadi sukses”. Yuk kita bahas hal-hal apa saja yang membuat rekan kerja Anda menyukai lingkungan kerjanya!

Ciptakan company culture yang menyenangkan dan tidak kaku

Sebagai individu yang menghabiskan sebagian besar waktunya di satu tempat yang sama setiap harinya yaitu tempat kerja, menghadapi lingkungan yang tidak menyenangkan pasti sangat tidak diinginkan. Karena itu Anda harus menciptakan budaya dan lingkungan yang menyenangkan. Lepaskan sekat-sekat kubikel, biarkan rekan kerja Anda berinteraksi satu sama lain sebagai manusia. Biarkan mereka berbincang dan berdiskusi tentang hal-hal yang berkaitan dengan pekerjaan maupun tidak. Buatlah kegiatan rutin tiap minggu atau tiap bulan untuk refreshing dan memperkuat tali silaturahmi antar rekan kerja. Sediakan fasilitas hiburan di tempat kerja yang bisa digunakan rekan Anda ketika mereka sedang mumet akan pekerjaan yang menumpuk.

Mengapresiasi pekerjaan yang baik

Hal ini terkesan sepele, namun percayalah bahwa segala bentuk apresiasi terhadap rekan kerja Anda atas pekerjaannya yang baik akan sangat memotivasinya. Sekadar pujian dari orang yang dihormati akan meningkatkan kepercayaan dirinya dan merasa bahwa mereka dibutuhkan oleh perusahaan. Atau berbagi keuntungan dengan mereka atas kerja keras mereka yang menunjukkan hasil berarti bagi perusahaan juga merupakan bentuk apresiasi yang mampu memotivasi.

Jadilah pendengar yang baik

Seorang pemimpin yang baik bukan hanya mampu mengambil keputusan dan tindakan yang tepat untuk perusahaan, melainkan mampu juga untuk mendengar ide atau masukan dari rekan kerjanya. Rekan Anda akan merasa dihargai jika Anda mendengarkan apa yang telah disampaikannya sehingga semakin termotivasi. Namun jangan lupa untuk mengkurasinya terlebih dahulu dan tidak mengimplementasinya secara mentah-mentah.

Itulah cara-cara untuk menciptakan lingkungan atau tempat kerja yang dicintai oleh semua rekan kerja Anda. Ada yang ingin menambahkan? 🙂

0 Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *